Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa itu Entrepreneur? Ini Ciri-ciri, Jenis hingga Contohnya

Entrepreneur adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki usaha. Berikut ulasan lebih lengkap seputar entrepreneur.
Pahami Definisi Entrepreneur, Ciri-ciri, Jenis hingga Contohnya (pexels)
Pahami Definisi Entrepreneur, Ciri-ciri, Jenis hingga Contohnya (pexels)

Bisnis.com, JAKARTA- Entrepreneur adalah sebutan untuk seseorang yang berprofesi sebagai wirausaha. Banyak diantara kita yang mungkin ingin menjadi seorang wirausahawan. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar entrepreneur yang perlu diketahui. 

Apa Itu Entrepreneur?

Entrepreneur juga bisa diartikan sebagai individu yang dapat menciptakan bisnis baru, menanggung risiko, dan mendapatkan imbalan atas kerja kerasnya. Dalam buku Youth Entrepreneur , entrepreneur adalah seseorang yang membawa sumber daya, tenaga kerja, material, dan aset lainnya dalam kombinasi yang membuat nilainya lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Seorang entrepreneur juga bisa memperkenalkan perubahan, inovasi, dan tatanan baru. Bisa dikatakan juga bahwa, entrepreneur adalah seseorang yang menjalankan kegiatan penciptaan atau perluasan usaha, pengambilan risiko atau penerimaan kegagalan, serta mempunyai bakat untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang baru untuk menghasilkan produk atau pasar baru. 

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa definisi entrepreneur adalah seseorang yang menjalankan usaha dan mendapatkan penghasilan dari usaha yang dijalankan. 

Ciri-ciri Entrepreneur

Seseorang bisa dikatakan sebagai entrepreneur apabila memiliki ciri atau karakteristik sebagai seorang entrepreneur. Adapun ciri ciri entrepreneur, seperti berikut:

1. Mempunyai mimpi yang besar

Seorang entrepreneur harus mempunyai mimpi besar. Saat mereka hendak menjalankan usaha, maka motivasi untuk menggapai tujuan harus besar. Mimpi mereka berguna sebagai tujuan atau goals dalam usaha. Dengan demikian, segala keputusan yang diambil harus disesuaikan dengan tujuannya. 

2. Pintar mengatasi rasa takut

Ciri entrepreneur lainnya yaitu pandai mengatasi rasa takut. Biasanya, rasa takut muncul saat mereka membayangkan kegagalan. Bahkan, tak jarang seseorang merasa takut untuk mengambil keputusan. Seorang entrepreneur harus memiliki kepandaian untuk mengatasi rasa takut tersebut. 

3. Memiliki cara pandang berbeda

Seorang wirausahawan harus memiliki cara pandang yang unik dan berbeda dengan orang lain. Para entrepreneur harus bisa memandang masalah, kondisi lingkungan, hingga tren dari berbagai hal. Tak jarang, sudut pandang tersebutlah yang melahirkan ide usaha yang prospektif. 

4. Suka tantangan

Seorang entrepreneur juga harus suka dengan tantangan. Adanya tantangan membuat mereka bisa berkreasi dan menciptakan peluang bisnis yang menjanjikan. Bahkan, banyak diantara pengusaha yang menjadikan tantangan sebagai bekal untuk membuat inovasi usaha. 

5. Disiplin

Sikap disiplin juga harus dimiliki oleh seorang entrepreneur. Mereka umumnya tidak ingin membuang waktu untuk hal-hal yang tidak perlu. Para entrepreneur akan menggunakan waktu sebaik mungkin karena waktu menjadi bagian dari investasi. 

Jenis dan Contoh Entrepreneur di Indonesia

Entrepreneur ternyata terdapat beberapa jenis. Berikut contoh entrepreneur yang perlu diketahui. 

1. Foodpreneur

Foodpreneur adalah seorang pengusaha yang memiliki usaha dibidang kuliner seperti restoran atau cafe. Mereka memiliki usaha makanan yang sukses. Contoh entrepreneur Indonesia yang masuk dalam kategori ini yaitu Johnny Andrean pemipik J.Co Donuts & Coffee.

2. Ecopreneur

Ecopreneur adalah pengusaha yang menjalankan usahanya dengan tetap mengutamakan kelestarian lingkungan. Biasanya entrepreneur yang masuk dalam kategori ini memiliki produk yang ramah lingkungan. 

3. Technopreneur

Jenis entrepreneur lainnya yaitu technopreneur. Istilah ini digunakan untuk menyebut pengusaha yang menjalankan usaha dengan bantuan teknologi. Salah satu contoh entrepreneur Indonesia yang masuk dalam kategori ini yaitu Nadiem Makarim pendiri Gojek. 

Demikian penjelasan seputar entrepreneur yang perlu diketahui dari definisi, ciri-ciri, jenis, dan contohnya. Siapa saja bisa menjadi entrepreneur atau pengusaha asalkan mampu berfikir kreatif, inovatif, disiplin, bekerja keras, dan konsisten dalam menjalankan usahanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper