Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daftar Ide Bisnis Paling Cuan Sepanjang 2023, Berminat?

Berikut peluang bisnis yang bisa Anda lakoni di tahun 2023 karena berpotensi cuan.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 03 Januari 2023  |  11:46 WIB
Daftar Ide Bisnis Paling Cuan Sepanjang 2023, Berminat?
Ilustrasi dropshipper
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu resolusi banyak orang di awal tahun 2023 adalah mendirikan bisnis baru. 

Saat ini, bisnis tak melulu soal membuka restoran dengan modal ratusan juta layaknya bisnis konvensional. Bahkan, kini sudah banyak ide bisnis rumahan dengan modal kecil, tetapi bisa mendapatkan profit besar. 

Adapun, ide bisnis tahun 2023 sebenarnya tidak jauh-jauh dari tren yang ada sejak pandemi COVID-19. Pandemi seakan mengubah semua kebiasaan banyak orang yang sudah berlangsung puluhan tahun. 

Hal yang paling kentara mengenai perubahan cara orang bekerja, digitalisasi yang makin gencar, hingga penerapan gaya hidup sehat yang mulai diminati banyak orang.

Melihat tren yang ada di tahun ini, juga bisa menjadi sedikit gambaran mengenai ide bisnis yang diprediksi memberikan cuan di tahun 2023. Berikut ini ada rekomendasi beberapa ide bisnis. Simak ulasannya. 

1. Dropshipping

Apakah Anda ingin menjual produk secara online tetapi tidak memiliki uang untuk membeli dan menyimpan barang? Pertimbangkan dropshipping! Dropshipping adalah model bisnis e -niaga di mana Anda tidak perlu mengelola produk fisik apa pun.

Melalui dropshipping, yang harus Anda lakukan hanyalah membuat toko online dan bermitra dengan pemasok yang siap menyimpan, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan Anda. Adapun, beberapa ide barang yang bisa Anda jual seperti alat olahraga yang kini diminati pasar. 

2. Bisnis co-working space

Sepanjang masa pandemi, co-working space menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Tren ini dapat terus dilanjutkan karena budaya Work From Anywhere (WFA) juga berlanjut hingga sekarang. Kamu perlu modal yang besar untuk menyewa tempat dan bisa menggunakan rumah atau bangunan kosong yang sudah dimiliki.

Tata dan buatlah tempat menjadi nyaman dan tenang agar orang-orang yang menyewa space bisa bekerja. Sediakan juga pojok untuk menjual minuman atau makanan ringan jika memiliki modal lebih. Konsep ini juga bisa digunakan untuk Kamu yang gemar membaca dan mempunyai koleksi buku lengkap. Bukalah ruang membaca di rumah dan jadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis.

3. Bisnis kerajinan tangan

Isu lingkungan kini semakin menjadi perhatian pebisnis, sehingga bisnis go green pun mulai bermunculan. Bisnis yang mementingkan aspek lingkungan ini tidak hanya menarik bagi para wirausahawan, tetapi juga banyak diminta oleh konsumen. Oleh karena itu, potensinya tidak bisa diremehkan. Biasanya produk-produk ini dibuat handmade atau rumahan dengan tangan.

Misalnya, plastik sekali pakai adalah salah satu sumber limbah terbesar. Nah, kamu bisa menguranginya dengan berbisnis botol minum yang dapat dipakai ulang.

Selain banyak diburu orang, bisnis kerajinan tangan juga bisa dikerjakan dari berbagai tempat, termasuk di rumah. Modal untuk membuat produk handmade pun relatif kecil jika Anda memilih bahan-bahan yang tepat.

4. Melakukan franchise bisnis ramah lingkungan

Kalau Anda tidak mau ambil banyak risiko dengan bisnis pribadi, bekerja sama atau membangun franchise bisa menjadi pilihan. Anda bisa membangun kerja sama atau membuka cabang dari bisnis baik itu makanan ataupun sebuah layanan yang sudah terbukti ramah lingkungan

5. Print on Demand

Jika Anda punya hobi desain ilutrasi, maka bisnis Print on demand (POD) menjadi sangat menguntungkan. 

POD sendiri adalah sebutan ketika Anda menjual desain kustom Anda sendiri pada barang-barang seperti casing ponsel, mug, dan kaos, tetapi Anda tidak benar-benar mencetak karya seni tersebut. 

Sebaliknya, Anda berkolaborasi dengan pemasok yang mencetak desain Anda pada produk—mereka bahkan mengemas dan mengirimkan barang ke pelanggan Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang logistik. Selain itu, Anda hanya membayar setelah menjual produk. 

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang usaha peluang bisnis peluang peluang investasi tips bisnis ide bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top