Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Orang Terkaya di Afrika 2023, Ada yang Hartanya Rp205 Triliun

Pebisnis Aliko Dangote menjadi orang terkaya di Afrika pada 2023. Berikut daftar orang terkaya di Afrika 2023.
Sang Taipan Aliko Dangote dan Istri menjadi orang terkaya asal Afrika/standard.co.uk
Sang Taipan Aliko Dangote dan Istri menjadi orang terkaya asal Afrika/standard.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA – Pebisnis Aliko Dangote menjadi orang terkaya di Afrika pada 2023. Total kekayaannya mencapai Rp205 triliun yang diperoleh dari berbagai bisnis yang dimilikinya.

Melansir Forbes, Rabu (9/8/2023), 19 orang terkaya di Afrika pada 2023 diketahui memiliki total kekayaan sekitar US$81,8 miliar atau sekitar Rp1.231 triliun.

Angka tersebut turun 3,6 persen dari tahun sebelumnya. Kekayaan mereka memudar selaras dengan nilai ekuitas di seluruh dunia.

Berikut daftar 10 orang terkaya di Afrika pada 2023 melansir dari Forbes:

1. Aliko Dangote - Rp205 triliun

Aliko Dangote masih menjadi orang terkaya di Afrika dengan kekayaannya yang diketahui menurun Rp6 triliun dari tahun sebelumnya. Dangote merupakan warga negara Nigeria yang saat ini tinggal di Lagos.

Kekayaan pria berusia 65 tahun ini diketahui berasal dari pabrik semen terbesar di Afrika yang dimilikinya, Dangote Cement. Dia menduduki 85 persen kepemilikan Dangote Cement yang berkapasitas produksi 48,6 juta metrik ton per tahun dan beroperasi di 10 negara di seluruh Afrika.

2. Johann Rupert dan keluarga - Rp162,6 triliun

Kekayaan Rupert diketahui juga menurun hingga Rp5 triliun dari tahun sebelumnya, meski masih menduduki posisi orang kedua terkaya di Afrika. Pria berusia 72 tahun ini merupakan warga negara Afrika Selatan yang kini tinggal di Cape Town.

Rupert merupakan pemilik perusahaan barang mewah Swiss Compagnie Financiere Richemont, dengan merek terkenalnya Cartier dan Montblanc.

3. Nicky Oppenheimer dan keluarga - Rp127,6 triliun

Kekayaan Oppenheimer turun sekitar Rp5 triliun dari tahun sebelumnya. Pria berusia 77 tahun ini merupakan warga negara Afrika Selatan yang saat ini tinggal di Johannesburg.

Nicky merupakan generasi ketiga dari keluarganya yang menjalankan bisnis berlian DeBeers. Dia diketahui memiliki setidaknya 720 mil persegi tanah konservasi di seluruh Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, dan Mozambik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Total Kekayaan Anjlok
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper