Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Orang Terkaya di Asia, Ada Orang Indonesia?

Mukesh Ambani duduki posisi pertama orang terkaya di Asia, simak daftar lengkapnya
Mukesh Ambani./Istimewa
Mukesh Ambani./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Dinamika kekayaan di Asia kerap berubah-ubah. Beberapa orang pun akhirnya berhasil masuk dalam daftar miliarder dan terkaya di negaranya, bahkan di Asia. 

Forbes, pada Oktober lalu telah merilis daftar orang terkaya di Asia 2023. Dalam daftar tersebut, warga negara India, China, dan Hong Kong terpantau mendominasi. 

Sebelumnya, pada Agustus 2023 sendiri, orang terkaya di Asia adalah Mukesh Ambani, dengan kekayaan bersih sebesar US$96,4 miliar. Daftar orang terkaya di Asia terus bertambah hingga melampaui batas negara.  

Berikut ini daftar orang terkaya di Asia 2023 yang dihimpun Forbes per 16 Oktober 2023.

1. Mukesh Ambani

Kekayaan bersih: US$91,6 miliar

Sumber: Diversifikasi

Usia: 66

Kewarganegaraan: India

Mukesh Ambani, Ketua dan Direktur pelaksana Reliance Industries, adalah orang terkaya di Asia. Dia berkelana ke Indian Premier League (IPL) dengan kepemilikan Mumbai Indians pada tahun 2008. Meskipun Jio, layanan telekomunikasi dan broadband Reliance, telah menarik hampir 450 juta pelanggan, debut Jio Financial Services baru-baru ini pada Agustus mencerminkan ekspansi perusahaan tersebut. 

Selanjutnya, BlackRock dan Jio Financial Services mengumumkan kesepakatan untuk membentuk Jio BlackRock pada Juli 2023, sebuah perusahaan patungan untuk menghadirkan solusi investasi canggih dan inovatif kepada investor di India.

2. Zhong Shanshan

Kekayaan bersih: US$61,0 miliar

Sumber: Minuman, obat-obatan, hasil sendiri

Usia: 68

Kewarganegaraan: China

Zhong Shanshan, otak dibalik Nongfu Spring, sebuah perusahaan air kemasan, menduduki peringkat kedua sebagai orang terkaya di Asia dan berada di urutan teratas sebagai orang China paling makmur. 

Dari pekerjaan konstruksi hingga jurnalisme dan penjualan minuman, perjalanannya membawanya ke dunia wirausaha.  Selain itu, dia juga memegang kendali atas Beijing Wantai Biological Pharmacy, produsen tes diagnostik cepat untuk Covid-19.  

Sesuai perkiraan pada akhir 2022, Zhong Shanshan mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya di Tiongkok pada tahun sebelumnya, dengan kekayaan US$62,3 miliar.

3. Gautama Adani

Kekayaan bersih: US$55,8 miliar

Sumber: Infrastruktur, komoditas, hasil sendiri

Usia: 61

Kewarganegaraan: India

Gautama Adani adalah kepala Adani Group, sebuah perusahaan senilai US$32 miliar yang mencakup pelabuhan, bandara, energi, dan inisiatif ramah lingkungan. Dimulai sebagai perusahaan perdagangan pada 1988, kini dia termasuk orang terkaya di Asia.  

Dia menunjukkan kehebatannya sebagai operator bandara utama India dan pengontrol Pelabuhan Mundra yang penting di Gujarat. Selain itu, akuisisi strategisnya atas aset Holcim di India pada 2022 mendorongnya menjadi produsen semen terbesar kedua di India.

3. Zhang Yiming

Kekayaan bersih: US$39,1 miliar

Sumber: TikTok, hasil sendiri

Usia: 39

Kewarganegaraan: China

Zhang Yiming, kekuatan pendorong di belakang raksasa teknologi China, ByteDance, paling dikenal karena melahirkan aplikasi TikTok yang sangat populer, yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 1 miliar di seluruh dunia.

Dia memiliki 20 persen saham di ByteDance, yang nilainya menghadapi ketidakpastian karena potensi larangan TikTok di AS. Selain ketenaran TikTok, ByteDance mencakup beragam sektor seperti berita, pendidikan, dan game.

4. Li Ka-Shing

Kekayaan bersih: US$37,1 miliar

Sumber: Diversifikasi, hasil sendiri

Usia: 95

Kewarganegaraan: Hong Kong

Li Ka-Shing, salah satu orang terkaya di Asia, memulai perjalanannya pada usia 21 tahun ketika dia meluncurkan Cheung Kong Plastics, yang diberi nama sesuai dengan nama Sungai Yangtze, dengan tabungan dan pinjaman sebesar US$6.500 dari kerabatnya pada 1950. 

Kemurahan hati Yayasan Li Ka Shing miliknya sungguh luar biasa, dengan telah menyumbangkan lebih dari US$3,8 miliar untuk berbagai tujuan, dengan sebagian besar disalurkan ke masyarakat Republik Rakyat China (RRC). Khususnya, CK Hutchison Holdings, yang dikendalikan oleh Li Ka-shing, dan Grup Vodafone baru-baru ini setuju untuk menggabungkan bisnis telekomunikasi mereka masing-masing di Inggris untuk menjadikan operator seluler terbesar di negara itu.

5. Tadashi Yanai & keluarga

Kekayaan bersih: US$34,7 miliar

Sumber: Retail fashion, hasil sendiri

Usia: 74

Kewarganegaraan: Jepang

Tadashi Yanai adalah dalang di balik Fast Retailing, sebuah kerajaan pakaian terkemuka yang terdaftar di Tokyo, yang mengawasi jaringan Uniqlo. Portofolio Fast Retailing mencakup merek-merek seperti Theory, Helmut Lang, J Brand, dan GU.  

Uniqlo, merek unggulannya, memiliki sebaran yang luas dengan lebih dari 2.400 toko yang tersebar di 25 negara, menjadikan Tadashi termasuk dalam 10 orang terkaya di Asia. Uniqlo baru-baru ini mengumumkan penunjukan chief operating officer, Daisuke Tsukagoshi, untuk membantu Tadashi Yanai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper