Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gaji Orang Terkaya di Dunia dari Elon Musk Sampai Bernard Arnault, Ada yang US$0

Tak diberi gaji, sederet tokoh ini jadi orang terkaya di dunia hingga 2024
Gaji Orang Terkaya di Dunia Dari Elon Musk Sampai Bernard Arnault, Ada yang US$0REUTERS/Tingshu Wang/File Foto
Gaji Orang Terkaya di Dunia Dari Elon Musk Sampai Bernard Arnault, Ada yang US$0REUTERS/Tingshu Wang/File Foto

Bisnis.com, JAKARTA - Dunia adalah rumah bagi lebih dari 2.600 miliarder. Mereka menumpuk kekayaan yang luar biasa di berbagai industri, dari teknologi, keuangan, ritel, sampai mode. 

Melansir Bloomberg Billionaires Index, 10 orang terkaya di dunia masih ada yang digaji oleh perusahaannya. Namun, beberapa di antaranya bahkan tak memiliki upah sama sekali. 

Lantas siapakah 10 orang terkaya di dunia, dan berapa penghasilan bulanan mereka? 

1. Elon Musk

Kekayaan bersih: US$230,2 miliar

Gaji: US$0

Sumber kekayaan: Tesla, SpaceX, X

Asal Negara: Amerika Serikat

Elon Musk, yang merupakan orang terkaya di dunia dan mencatatkan sejarah sebagai orang terkaya hingga saat ini, memegang peran penting sebagai salah satu pendiri dan CEO usaha transformatif.  

Dia memimpin Tesla, perusahaan kendaraan listrik dan energi ramah lingkungan yang inovatif, bersama dengan SpaceX, produsen perangkat dan pesawat eksplorasi ruang angkasa yang inovatif. Selain itu, Musk juga mengawasi X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.  

Selain perusahaan-perusahaan ini, dia juga memegang kepemilikan di The Boring Company, yang berspesialisasi dalam konstruksi terowongan, dan Neuralink, sebuah perusahaan antarmuka otak-komputer yang revolusioner.  

Meskipun tidak menerima gaji tradisional dalam usaha-usaha ini, kompensasi yang didapatkan oleh Musk sangat terkait dengan kinerjanya. Dia bahkan diperkirakan akan menjadi triliuner pertama di dunia dalam waktu dekat.

2. Bernard Arnault

Kekayaan bersih: US$181,9 miliar

Gaji: US$2,6 juta per bulan

Sumber kekayaan: LVMH

Asal Negara: Perancis

Bernard Arnault memegang posisi sebagai orang terkaya kedua di dunia dan, terutama, orang terkaya di Eropa. Saat memimpin LVMH, perusahaan konglomerat barang mewah terbesar di dunia, Arnault menjabat sebagai ketua sekaligus CEO.  

Di bawah kepemimpinannya, LVMH juga memegang kepemilikan merek ikonik seperti Louis Vuitton, Dior, Fendi, Givechy, dan Moët & Chandon. Di luar bidang barang mewah, portofolio keuangan Arnault mencakup saham di Hermes, Carrefour, Netflix, dan Spotify. 

Pada tahun fiskal 2020, kompensasi tahunan Arnault dari LVMH berjumlah US$2,6 juta, angka tersebut dilengkapi dengan dividen besar dan opsi saham, yang secara kolektif bernilai miliaran.

3. Jeff Bezos

Kekayaan bersih: US$176,9 miliar

Gaji: US$81.840 per bulan

Sumber kekayaan: Amazon

Asal Negara: Amerika Serikat

Jeff Bezos adalah orang terkaya ketiga di dunia dan pendiri serta ketua eksekutif Amazon, raksasa e-commerce dan teknologi. Dia juga memiliki The Washington Post, perusahaan kedirgantaraan Blue Origin, dan jaringan toko kelontong Whole Foods Market.  

Bezos mengundurkan diri sebagai CEO Amazon pada Juli 2021, namun dia tetap menjadi pemegang saham terbesar dengan kepemilikan 10,3 persen.  

Gaji bulanan Bezos dari Amazon adalah US$81.840 pada 2023, masih sama dengan pada 1998, namun dia juga menerima tunjangan keamanan dan perjalanan senilai US$1,6 juta.

4. Larry Ellison

Kekayaan bersih: US$135,2 miliar

Gaji: US$1 per bulan

Sumber kekayaan: Oracle

Asal Negara: Amerika Serikat

Menduduki peringkat individu terkaya keempat secara global, Larry Ellison memegang peran penting sebagai salah satu pendiri, ketua, dan chief technology officer Oracle, pemain terkemuka di bidang perangkat lunak dan komputasi awan.  

Portofolio keuangan Ellison melampaui Oracle, dengan kepemilikan strategis di entitas terkemuka seperti Tesla, Airbnb, Dropbox, dan NetSuite.  

Meskipun gaji nominalnya sebesar US$1 dari Oracle setiap bulan, dan konstan sejak 2010, lanskap fiskal Ellison dipupuk dari dividen saham yang besar, berjumlah US$102,7 juta.

5. Mark Zuckerberg

Kekayaan bersih: US$132,3 miliar

Gaji: US$1 per bulan

Sumber kekayaan: Facebook

Asal Negara: Amerika Serikat

Menempati posisi kelima di antara orang-orang terkaya di dunia, Mark Zuckerberg memainkan peran penting sebagai salah satu pendiri, ketua, dan CEO Facebook, yang sekarang dikenal sebagai Meta. Memperluas lingkup pengaruhnya, Zuckerberg memperluas kepemilikan atas Instagram, WhatsApp, Messenger, dan Oculus.  

Meskipun mempertahankan gaji simbolis sebesar US$1 per bulan dari Facebook, angka yang konsisten sejak 2013, paket kompensasi Zuckerberg mencakup tunjangan keamanan dan perjalanan, terutama senilai US$23,4 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper