Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Jared Isaacman, Miliarder Pertama yang Pergi ke Luar Angkasa

Miliarder dengan kekayaan US$1,8 miliar atau sekitar Rp27,16 triliun, Jared Isaacman jadi miliarder pertama yang jalankan misi ke luar angkasa
Sosok Jared Isaacman, Miliarder Pertama yang Pergi ke Luar Angkasa/instagram
Sosok Jared Isaacman, Miliarder Pertama yang Pergi ke Luar Angkasa/instagram

Bisnis.com, JAKARTA — Putus sekolah tak memutuskan kesempatan seseorang untuk bisa meraih kesuksesan. Jared Isaacman misalnya, selain jadi miliarder juga jadi pebisnis pertama yang jejakkan kaki ke luar angkasa.

Jared Isaacman, merupakan miliarder pendiri dan CEO perusahaan pembayaran Shift4, yang baru-baru ini kembali dari perjalanan lima hari ke luar angkasa dalam misi Polaris Dawn milik SpaceX.

Isaacman dan anggota kru lainnya sedang menguji pakaian antariksa ekstravehicular baru SpaceX dalam perjalanan luar angkasa komersial pertama.

Pakaian tersebut dirancang untuk meningkatkan mobilitas, dan punya masker layar yang menunjukkan informasi seperti tingkat tekanan internal dan suhu.

Selama perjalanan luar angkasa tersebut, Isaacman berada di luar pesawat antariksa selama sekitar 10 menit. Dilansir QZ, dia hanya memiliki "beberapa detik" untuk menikmati pemandangan karena sibuk melakukan pengujian.

Namun, ini bukan pertama kalinya Isaacman berada di luar angkasa.

Mengutip Business Insider, tiga tahun lalu pada 2021, dia juga sempat membantu membiayai dan memimpin perjalanan SpaceX dalam misi berawak pribadi pertama perusahaan tersebut, bersama dengan tiga warga sipil lainnya.

Lantas siapakah Jared Isaacman, dan bagaimana dia bisa memimpin misi luar angkasa? 

Pria dengan nama lengkap Jared Taylor Isaacman itu lahir pada 11 Februari 1983 yang kini menjadi seorang pengusaha, pilot, filantropis, dan astronot komersial Amerika. 

Namun, di balik kesuksesannya, pada usia 15 tahun Isaacman sempat memutuskan untuk berhenti sekolah menengah dan mengikuti ujian GED (General Educational Development).

Kemudian pada usia 16 tahun, dia mulai merintis usaha, mendirikan perusahaan pemrosesan pembayaran yang kemudian menghasilkan miliaran dolar di ruang bawah tanah rumah orang tuanya.

Isaacman mendirikan United Bank Card pada 1999. Perusahaan tersebut, yang sekarang bernama Shift4, menawarkan perangkat lunak pembayaran seluler, solusi point-of-sale, dan pembayaran daring untuk berbagai bisnis.

Isaacman mengatakan dalam serial dokumenter Netflix Countdown: Inspiration4 Mission to Space, bahwa ketika memulai perusahaan tersebut, dia akan bangun setiap hari pukul 7:30 pagi dan tertidur di atas keyboard pada pukul 2 atau 3 pagi.

Pada 2020, dia membawa perusahaan tersebut menjadi perusahaan publik. Saat ini, Shift4 memproses lebih dari US$260 miliar per tahun dan melayani lebih dari 200.000 pelanggan.

Setelah sukses dengan Shift4, dia juga mendirikan Draken International pada 2012. Perusahaan ini menjadi penyedia pesawat pribadi yang juga melatih pilot untuk militer AS, Inggris, dan negara-negara NATO.

Pada 2019, Isaacman menjual perusahaan tersebut kepada Blackstone, yang kemudian membuatnya menjadi miliarder pada tahun berikutnya.

Isaacman mencapai status miliarder pada 2020 setelah menjual Draken International dan menjadikan Shift4 sebagai perusahaan publik. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai US$1,8 miliar, menurut Forbes.

Pada 2021, Isaacman mendanai dan memimpin misi sipil pertamanya ke luar angkasa, yang disebut Inspiration4. Misi tersebut dilaksanakan oleh kapsul Dragon milik SpaceX.

Isaacman sebelumnya mengatakan kepada Business Insider bahwa persiapan untuk misi tersebut sangat ekstensif dan melibatkan banyak pembelajaran dan tes fisik. Dia harus mempelajari ribuan halaman dalam ratusan manual untuk mempelajari pesawat Falcon dan Dragon milik SpaceX.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper