Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha, Berikut 3 Praktik Bisnis Berkelanjutan yang dapat Anda Terapkan

Berikut tiga praktik bisnis berkelanjutan yang dapat pengusaha terapkan agar bisnisnya moncer.
Tips bisnis strategi/istimewa
Tips bisnis strategi/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Praktik bisnis berkelanjutan menjadi penting, terutama untuk membangun kepercayaan dengan generasi muda dan mengkomunikasikan transparansi.

Dalam melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan, maka mungkin tidak akan mudah untuk memulai. Namun ketika Anda memulai dan berkomitmen pada transparansi dan keberlanjutan Anda, maka Anda bisa saja mendapatkan mitra strategis yang juga akan membantu bisnis Anda.

Untuk itu, berikut tiga praktik bisnis berkelanjutan yang dapat Anda terapkan, yanng dilansir dari Entrepreneur (25/11/21).

1. Bangun reputasi berkelanjutan Anda

Kata-kata tidak akan membuktikan apa yang Anda janjikan. Anda perlu membangun reputasi secara online dan membantu konsumen untuk membuat keputusan yang tepat sebelum mereka membeli dari suatu merek.

Anda dapat membuat laporan bisnis berkelanjutan Anda yang terperinci, untuk membantu mendokumentasikan upaya keberlanjutan Anda. Miliki laporan keberlanjutan untuk jangka waktu tertentu dan tunjukkan di situs web Anda. Hal ini dapat menunjukan keberdampakkan yang menunjukan bahwa Anda tidak takut untuk menunjukan upaya Anda setiap hari.

2. Lakukan apa yang Anda suarakan

Anda dapat menjadi suara untuk memberikan ruang untuk perubahan, memberikan inisiatif dan lainnya. Latihlah tim Anda dan beri penghargaan kepada siapapun yang telah mengambil langkah ekstra dalam menjadikan dunia yang lebih baik.

Anda harus menerapkan prinsip “reduce, reuse and recycle” dalam bisnis Anda. Kurangi limbah bisnis Anda, gunakan kembali apa pun yang Anda bisa, dan daur ulang apa pun yang Anda bisa dari plastik hingga kemasan.

Anda juga dapat menjadi kreatif dengan prinsip-prinsip ini. Beberapa merek fashion bahkan membuat produk sekunder dari sisa kain mereka seperti ikat rambut atau memanfaatkan aksesoris di rumah.

3. Maksimalkan anggaran pemasaran Anda

Saat Anda memulai bisnis, mengatur anggaran menjadi ketat dapat menjadi salah satu pilihan. Namun hal ini tidak boleh menjadi alasan dalam menghindari janji.

Anggaran pemasaran Anda harus selalu memiliki prioritas prinsip yang berkelanjutan, dan juga dapat menjadi dasar dari strategi harga Anda.

Selain itu, jika Anda juga bisa memaksimalkan anggaran pemasaran Anda dengan menerapkan pemasaran yang lebih efektif dan selaras dengan misi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper