Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Tips agar Pengusaha Tetap Termotivasi!

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk tetap termotivasi dan tetap bekerja sesuai tujuan
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 04 Januari 2022  |  01:56 WIB
Cara mengubah pivot bisnis. - ilustrasi
Cara mengubah pivot bisnis. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Seringkali ketika Anda merupakan seseorang yang bekerja di perusahaan dan kemudian menjadi seorang entrepreneur, Anda tidak diatur oleh tujuan, tenggat waktu dan insentif dari orang lain.

Hal ini tentu menjadi tantangan Anda untuk mempertahankan fokus Anda dan terus tetap termotivasi untuk menjadi pemimpin dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk itu, bagaimana wirausahawan untuk tetap fokus dan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan?

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk tetap termotivasi dan tetap bekerja sesuai tujuan yang dilansir dari Entrepreneur. Tentunya hal ini memerlukan adanya waktu, dedikasi dan juga latihan.

1. Tetapkan misi pribadi Anda

Setiap bisnis tentu memiliki pernyataan misi atau visi. Hal ini termasuk dengan tujuan organisasi, budaya dan nilai inti yang mendasari. Hal ini perlu untuk mengatur organisasi Anda. Tuliskan dan bawalah dengan Anda, agar menjadi pengingat bagi Anda sebagai seorang pengusaha.

2. Buatlah rencana

Di dalam bisnis, jika Anda memiliki misi namun tidak memiliki rencana untuk mengeksekusinya maka semua akan sia-sia. Untuk itu, pastikan Anda menuliskan rencana pribadi dan profesional Anda, termasuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Hal ini bertujuan untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang Anda ingin capai dan bagaimana Anda mencapainya.

3. Mulailah dengan rutinitas

Buatlah diri Anda untuk tetap termotivasi dalam memulai. Anda dapat memulai dengan melakukan rutinitas yang baik yang membantu pikiran dan tubuh Anda menjadi fokus dan siap dengan kebiasaan yang baru.

4. Atur waktu untuk Anda sendiri

Karena wirausahawan sering kali benar-benar terjebak dalam bisnis mereka, penting untuk mengatur waktu pribadi di siang hari untuk diri sendiri. Selama waktu ini, beri diri Anda fleksibilitas untuk berjalan-jalan, berpikir dan bermeditasi atau bahkan berolahraga. Pastikan Anda tetap makan dengan benar dan minum dengan cukup.

5. Rencanakan ke depan dan buatlah pengingat

Buatlah rencana walaupun mungkin Anda merasa sulit untuk tetap berada di dalam rutinitas. Untuk ini, maka Anda dapat menggunakan pengatur pengingat setiap harinya untuk menjalankan tugas yang penting dan tujuan harian yang dapat Anda tetapkan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pemblokiran waktu atau proses pengaturan durasi tertentu di kalender Anda. Anda dapat memanfaatkan aplikasi yang dapat membantu produktivitas Anda.

6. Tetapkan hadiah

Secara alami, kita akan merespon terhadap insentif. Bersiaplah untuk menghargai diri sendiri karena telah mencapai tujuan atau mempertahankan kebiasaan. Di dalam bisnis, Anda perlu mengenali dan menghargai apa yang Anda telah lewati untuk tujuan jangka panjang yang lebih luas.

7. Libatkanlah teman

Terkadang motivasi dapat muncul dari teman sebaya. Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan teman atau kolega Anda untuk memotivasi Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi seluler yang membantu pertemanan Anda menjadi lebih menyenangkan.

8. Manjakan diri Anda dalam kegiatan yang menginspirasi

Terkadang Anda perlu untuk mencari motivasi di luar lingkaran Anda. Hal ini dapat Anda peroleh dengan menonton film yang menginspirasi, video atau podcast yang menginspirasi, pada saat perjalanan Anda dan pada saat Anda menikmati waktu pribadi Anda.

9. Tetap untuk positif

Tetaplah untuk positif dan lakukan apa yang membuat Anda menjadi bahagia. Hal ini dapat membantu Anda untuk tetap termotivasi. Pastikan Anda menemukan sesuatu yang dapat menjaga suasana hati dan motivasi Anda secara meningkat.

10. Tidur

Jangan remehkan tidur malam yang nyenyak dan untuk motivasi pribadi. Hal ini dapat membantu untuk menjaga semangat Anda. Pastikan Anda dapat mengatur waktu Anda dengan baik, sehingga Anda dapat menjaga waktu tidur Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top