Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tips Sukses Berbisnis Jersey di Masa Pandemi

Momentum liga sepakbola berdampak positif pada peningkatan penjualan jersey. Lalu, Maykel memulai bisnis jersey dari modal Rp15 juta.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 24 Maret 2022  |  15:40 WIB
Tips Sukses Berbisnis Jersey di Masa Pandemi
Jersey R1 Sport dijual sekitar Rp95.000-Rp130.000. Penjualan per bulan bisa mencapai 1500 jersey. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk memulai bisnis jersey, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni manajemen keuangan dan kemampuan di bidang konveksi.

Owner R1 Sport Maykel Rasi membagikan tips memulai bisnis jersey. Sebelum memulai bisnis jersey, dia memiliki pengalaman bekerja untuk membuat bordir jersey dan memasarkan jersey di tempatnya bekerja.

Setelah menguasai kemampuan produksi dan marketing, Maykel tanpa ragu memulai merintis bisnis jersey, modal yang dikeluarkan mencapai Rp15 juta. Setelah memiliki mesin produksi sendiri maka modal besar selanjutnya mencapai Rp1 miliar. 

"Modal tersebut digunakan untuk sewa tempat produksi, alat produksi, dan alat penunjang produksi (listrik, tempat), PC, mesin jahit dll," ungkapnya kepada Bisnis, Senin (23/3/2022).

Maykel mengatakan R1 Sport saat terus memperbaiki kualitas produk dan layanan kepada customer, serta melakukan ekspansi pasar. Dia berharap menjalin kerja sama dengan klub yang ikutan dalam BRI Liga 1, 2, dan 3 di Indonesia, seiring dengan meningkatnya kualitas produknya.

Dia menambahkan adanya pertandingan BRI Liga 1 telah meningkatkan omzet. Namun, sempat terjadi peningkatan  yang sangat terbatas, karena pada awal pandemi pemerintah melarang adanya pertandingan sepakbola dan suporter di stadion.

"Penjualan kami dalam 1 bulan bisa mencapai 1.500 jersey. Kami juga memberikan promo, setiap pembelian 12 potong, maka bonus 1 potong. Untuk jersey yang sering dipesan mayoritas memakai premium grade senilai Rp130.000 /pcs. Namun, untuk pricelist custom printing dimulai dari harga Rp95.000/pcs," tuturnya.

Dia menyarankan kepada kelompok milenial yang berencana memulai usaha jersey, maka beranilah untuk mencoba dan jangan pernah takut gagal. Dia menurutnya, lebih baik gagal, daripada tidak mencoba sama sekali.

"Beranilah, memilikilah kemampuan analisis, ambisi yang kuat, komunikasi, manajemen keuangan, punya kompetensi di bidang konveksi," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepakbola peluang usaha kiat manajemen tips bisnis Baju
Editor : Mia Chitra Dinisari

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top