Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 5 Tipe Orang yang Harus Ada dalam Tim Bisnis Anda

Pilihlah tipe orang-orang dengan kategori ini dalam tim bisnis agar cuan.
Entrepreneur sedang negosiasi/ilustrasi
Entrepreneur sedang negosiasi/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Memulai bisnis bisa menjadi proses yang panjang dan menantang. Sehingga, bagi pebisnis yang baru merintis, tentunya aktivitas pembagian tugas yang tepat menjadi sangat bermanfaat. 
 
Banyak pemilik tunggal sangat ingin mengambil sebagian besar tugas bisnis. Padahal, menggunakan tim bisa menjadi langkah yang baik agar segala sesuatunya terselesaikan dengan maksimal. Karena hampir tidak mungkin melakukan semuanya sendiri.

Bisnis apapun yang ingin Anda mulai, pasti memerlukan beberapa keterampilan yang berbeda. Sehingga, Anda perlu mempertimbangkan untuk memiliki tim atau mitra agar bisa mencapai hasil yang terbaik sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Melansir dari Entrepreneur, Kamis (22/12/2022) berikut 5 tipe orang yang dibutuhkan dalam tim bisnis Anda. Simak ulasannya. 

1. Akuntan

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki anggota tim adalah kekuatan dengan angka. Anggota tim ini mungkin seorang akuntan berdasarkan perdagangan atau harus memiliki keterampilan pembukuan yang solid. 

Selain itu, bisnis Anda membutuhkan anggota tim yang bijak dalam mengelola uang dan memahami cara mengelola dana bisnis. Tugas anggota tim ini dapat mencakup: menyeimbangkan pembukuan bisnis, menyimpan catatan pajak, dan membuat laporan keuangan seperti laporan laba rugi dan neraca.

2. Analis

Memiliki keterampilan analisis yang kuat adalah sifat penting. Orang ini sangat diperlukan karena memiliki keterampilan membaca dan memahami dokumen yang rumit. Beberapa peran anggota tim analis mencakup pengelolaan proses pembentukan bisnis serta kontrak yang dibutuhkan bisnis Anda. 

3. Tim Kreatif

Bakat artistik adalah keterampilan lain yang dapat menjadi aset besar untuk dimiliki oleh anggota tim bisnis. Sebagian besar perusahaan memerlukan logo, situs web, selebaran, spanduk, dan kartu nama. Seluruh tim akan diuntungkan jika salah satu anggota tim dapat mendesain barang-barang tersebut dan mahir dalam photoshop atau software desain grafis lainnya. 

4. Technical Leader

Dengan teknologi yang kini sudah menjadi suatu keharusan, memiliki anggota tim yang berpikiran teknologi sangatlah menguntungkan. Tanggung jawab anggota tim teknis Anda dapat mencakup perangkat lunak atau berhubungan dengan teknologi informasi hingga perlindungan virus. Ketika Anda memiliki masalah komputer yang dapat mematikan bisnis Anda, maka dengan memiliki anggota tim teknologi dalam itu akan menjadi sangat membantu.

Jika anggota tim teknologi Anda dapat membantu situs web perusahaan, itu akan menjadi aset tambahan. Memiliki anggota tim yang mengetahui cara membuat web dan melakukan pembaruan ini akan menghemat waktu dan uang bisnis Anda, dibanding harus terus mencari tenaga kontrak.

5. Salesperson

Sejak hari pertama, Anda akan membutuhkan individu yang berpikiran penjualan sebagai bagian dari tim Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. Orang yang berpikiran penjualan juga dapat menangani pemasaran karena pemasaran dan penjualan terkait erat. 

Keterampilan yang harus dimiliki orang ini mencakup kemampuan membangun jaringan dan prospek. Keterampilan hubungan pelanggan yang kuat juga penting untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Tugas untuk peran ini akan mencakup mencari calon pelanggan untuk bisnis baru, menghadiri acara jaringan, dan menutup kesepakatan.

Sebelum Anda menjadikan tim Anda resmi, penting untuk mengadakan pertemuan uji coba. Anda dapat memastikan apakah tim Anda bekerja sama dengan baik atau tidak.

Pada masa pengujian, Anda bisa menilai dengan cara membuat suatu agenda dan melihat bagaimana perilaku mereka. Jika salah satu anggota tim Anda berulang kali melakukan hal tidak sesuai dengan SOP atau tidak punya frekuensi pemikiran atau visi misi yang sama, ini bisa menjadi tanda bahaya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper