Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 24 Ide Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga

Adapun beberapa pekerjaan yang bisa menghasilkan uang bagi ibu rumah tangga.
KKP mendorong ibu rumah tangga untuk mulai membangun usaha sampingan untuk menopang ekonomi rumah tangga. /KKP
KKP mendorong ibu rumah tangga untuk mulai membangun usaha sampingan untuk menopang ekonomi rumah tangga. /KKP

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti harus selalu mengurus pekerjaan rumah dan berhenti mengejar impian. Di zaman seperti sekarang ini tak menutup kemungkinan bagi para ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan walaupun berada di rumah.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah membangun bisnis di rumah dengan memanfaatkan situs-situs yang tersedia. Adapun hal ini dapat dilakukan di sela-sela kesibukan Anda dalam mengurus rumah atau bagi Anda yang mempunyai anak dengan usia yang lebih dewasa agar memiliki waktu yang lebih luang untuk melakukan bisnis tersebut. 

Simak ide bisnis yang dapat Anda lakukan:

1. Mengasuh anak

Pekerjaan ini cocok bagi Anda yang memiliki anak dengan usia yang lebih dewasa untuk dapat melakukan bisnis ini. Anda dapat membuat jaringan pengasuhan anak online bagi para orang tua yang membutuhkan pengasuhan anak.

2. Penitipan hewan peliharaan

Bagi Anda yang menyukai binatang, Anda dapat memperkuat bisnis Anda dengan versi jaringan penitipan anak yang menghubungkan orang tua yang memiliki hewan peliharaan dengan tetangga yang ingin menitipkan hewan peliharaan.

3. Bimbingan belajar

Anda dapat membagikan pengetahuan terkait pelajaran tertentu dengan anak-anak tetangga. Namun, agar aktivitas mengajar tidak mengganggu kewajiban untuk mengurus rumah, Anda dapat membuat rencana pelajaran dan aktivitas yang dapat diunduh di situs Anda. 

4. Tautan afiliasi

Tingkatkan pendapatan iklan di blog Anda dengan tautan afiliasi. Ketika pembaca mengklik tautan produk dari situs web Anda dan membeli sesuatu  apapun dari blog tersebut agar mendapatkan bagian dari penjualan.

5. Pembuatan tautan SEO

Kuasai pembuatan tautan untuk mendapatkan keuntungan besar. Setiap bisnis bercita-cita untuk berada di urutan teratas hasil pencarian Google dan sebagian besar bersedia membayar mahal untuk mendapatkan bantuan agar tautan mereka berada di situs lain.

6. Toko kerajinan

Jika Anda menyukai DIY, cobalah membuat karya favorit Anda dan menjualnya secara online. Pelanggan akan menghargai kesempatan untuk melakukan pemesanan khusus.

7. Katering rumahan

Jika Anda berhasil untuk membuat makanan buatan Anda disukai oleh keluarga Anda sendiri, cobalah untuk membangun suatu bisnis katering yang menyesuaikan rencana makan dan daftar belanja Anda. 

8. Koko pribadi 

Bagi Anda yang minat dalam memasak saatnya untuk mempelajari cara penanganan makanan dan praktik terbaik nutrisi. Memasak untuk orang-orang yang bersedia membayar untuk makanan buatan sendiri yang berkualitas.  

9. Toko roti di rumah 

Anda dapat memanfaatkan ruang kosong di depan rumah Anda untuk membuat bisnis ini. Sebelum itu, Anda juga dapat mengikuti kelas  khusus untuk meningkatkan bisnis Anda. 

10. Pelajaran musik

Kombinasikan keahlian dan pengalaman musik Anda dengan anak-anak untuk mengajar kelas musik bagi balita di rumah atau komunitas Anda. tak hanya itu, Anda juga dapat memperluas jangkauan Anda secara online dengan video dan rencana pelajaran yang dapat diunduh.

11. Penulis lepas

Situs web dan blog selalu mencari pekerja lepas yang berkualitas. Mulailah dengan subjek yang sudah Anda kuasai dan buat situs web dengan contoh tulisan untuk mempromosikan karya Anda.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper