Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Orang Terkaya di Amerika, Elon Musk Peringkat Pertama

Pendiri Tesla, Elon Musk menjadi orang terkaya nomor satu di Amerika Serikat dengan total kekayaan mencapai lebih dari Rp3.000 triliun.
Founder Tesla Elon Musk/ Bloomberg
Founder Tesla Elon Musk/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Daftar orang terkaya di dunia didominasi oleh orang-orang Amerika Serikat. Boleh dibilang, orang terkaya di Amerika otomatis menjadi terkaya di dunia.

Nama-nama dalam daftar pun tidak lagi asing di telinga. Pemilik perusahaan produsen mobil listrik Tesla dan media sosial X, Elon Musk, serta rival terkenalnya yang memimpin Meta, Mark Zuckerberg, termasuk dalam daftar.

Selain itu, pemilik perusahaan teknologi multiplatform Amazon, Jeff Bezos juga masuk dalam daftar orang terkaya di AS. Daftar tersebut dipenuhi oleh nama-nama besar dengan jumlah kekayaan yang fantastis.

Berikut daftar orang terkaya di Amerika 2023 versi Forbes:

1. Elon Musk – Rp3.350 triliun

Kekayaan Musk yang melonjak hebat pada 2021 dihimpunnya dari banyak sumber. Musk diketahui ikut mendirikan setidaknya enam perusahaan, di antaranya produsen mobil listrik Tesla, produsen roket SpaceX, dan startup terowongan Boring Company.

Meski X hingga saat ini diketahui masih merugi, Musk masih mengantongi sekitar 23 persen kepemilikan Tesla antara saham dan opsi.

Sementara itu, SpaceX yang didirikan pada 2002 diketahui bernilai Rp1.946 triliun setelah putaran pendanaan pada Mei 2022. Nilainya meningkat hingga empat kali lipat dalam tiga tahun.

Selain itu, Boring Company diketahui juga mengumpulkan Rp10 triliun pada April 2022.

2. Jeff Bezos – Rp2.389 triliun

Bezos mendirikan raksasa e-commerce Amazon pada tahun 1994 dari garasinya di Seattle. Dia mengundurkan diri sebagai CEO untuk menjadi ketua eksekutif pada 2021. Kini, Bezos diketahui memiliki kurang dari 10 persen perusahaan.

Bezos juga memiliki The Washington Post dan Blue Origin, sebuah perusahaan dirgantara yang mengembangkan roket. Dia bahkan pernah terbang sebentar ke luar angkasa pada Juli 2021.

Bezos mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia berencana untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya seumur hidupnya, tanpa mengungkapkan detail spesifik.

3. Larry Elison – Rp2.211 triliun

Larry Ellison adalah ketua, CTO, dan salah satu pendiri raksasa perangkat lunak Oracle dengan kepemilikan sekitar 35 persen. Ellison melepaskan peran CEO Oracle pada 2014 setelah 37 tahun memimpin.

Oracle tumbuh sebagian melalui akuisisi perusahaan perangkat lunak yang stabil. Akuisisi terbesar senilai Rp433 triliun untuk perusahaan catatan kesehatan elektronik Cerner pada 2021.

Ellison juga duduk di dewan Tesla dari Desember 2018 hingga Agustus 2022. Dirinya kini masih memiliki sekitar 15 juta saham di perusahaan milik Elon Musk itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper