Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Orang Terkaya di Malaysia, Bos Properti Duduki Peringkat Pertama

Lima wajah baru masuk daftar orang terkaya di Malaysia pada 2023. Berikut ini daftar 10 orang terkaya di Malaysia.
Robert Kuok
Robert Kuok

Bisnis.com, JAKARTA – Perekonomian Malaysia diperkirakan akan tumbuh pada kecepatan yang lebih moderat pada tahun ini, setelah peningkatan sebesar 8,7 persen pada 2022 yang disebabkan pulihnya belanja konsumen domestik.

Meskipun negara ini mengalami kebangkitan pascapandemi, pasar saham turun 8 persen sejak terakhir kali kita mengukur peruntungan dan ringgit juga turun hampir 2 persen.

Beruntung hal itu tidak berdampak pada kekayaan kolektif 50 orang terkaya di Malaysia, yang mencapai US$81,6 miliar atau sekitar Rp1.244 triliun.

Lima wajah baru tahun ini mengisi daftar orang terkaya di Malaysia, termasuk raja properti Chiau Beng Teik yang mendirikan Grup Chin Hin dan Yu Kuan Chon, pendiri grup agrokimia Hextar Ong Soon Ho, dan Goh Nan Kioh, pemilik perusahaan investasi Mega First.

Berikut daftar 10 orang terkaya Malaysia 2023 versi Forbes:

1. Robert Kuok – Rp161,6 triliun

Robert Kuok merupakan orang terkaya di Malaysia. Dia memiliki grup Kuok, yang bergerak di bidang hotel, properti, dan komoditas.

Kuok mendirikan jaringan Shangri-La Hotels and Resorts yang terkenal secara internasional di Singapura pada tahun 1971.

Kuok juga memiliki saham berharga di perusahaan keponakannya, Kuok Khoon Hong, Wilmar International, yang menambah nilai kekayaan Kuok. Sementara itu, putra bungsu Robert Kuok, Kuok Khoon Hua, adalah ketua dan CEO perusahaan properti Hong Kong Kerry Properties.

2. Quek Leng Chan – Rp152,5 triliun

Quek Leng Chan adalah ketua eksekutif perusahaan swasta Hong Leong Co., yang bergerak di bidang keuangan, pangan, dan properti. Chan mewarisi sebagian kekayaannya dari ayahnya, salah satu dari tiga bersaudara yang memulai grup perbankan pada tahun 1920-an.

Sepupunya, Kwek Leng Beng, juga seorang miliarder dan mengetuai Grup Hong Leong di Singapura.

3. Koon Poh Keong bersaudara – Rp88,4 triliun

Koon Poh Keong dan keempat saudara laki-lakinya memulai perusahaan alumunium terbesar Malaysia Press Metal Aluminium Holdings pada tahun 1986. Kakak beradik itu mengumpulkan US$50.000 untuk memulai perusahaan ekstrusi aluminium pada saat Malaysia berada dalam resesi.

Saat ini Press Metal adalah produsen aluminium terintegrasi terbesar di Asia Tenggara dan bersaing dengan perusahaan seperti Rio Tinto dan Aluminium Corp Tiongkok. Poh Keong adalah ketua eksekutif grup sementara Poh Ming adalah wakil ketua eksekutif dan Poh Weng adalah direktur eksekutif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper