Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Orang Terkaya di Maroko, Paling Tajir Hartanya Tembus Rp92 Triliun

Punya harta hingga Rp92 triliun, ini daftar 6 orang terkaya di Maroko Afrika Utara
King Mohammed VI
King Mohammed VI

Bisnis.com, JAKARTA – Maroko adalah negara Afrika Utara, yang terletak di ujung barat laut afrika di ujung benua Eropa.

Melansir laman Henley & Partners, Minggu (10/9/2023) Maroko adalah salah satu dari lima pasar kekayaan swasta teratas di Afrika yang menyumbang lebih dari 50 persen dari total kekayaan benua itu pada tahun 2022.

Negara ini telah mengalami tingkat pertumbuhan yang mengesankan selama sepuluh tahun, yaitu sebesar 18 persen.

Namun, pertumbuhan ini belum termasuk pada peningkatan yang signifikan dalam kekayaan bersih individu-individu terkaya di negara ini, seperti King Mohammed VI yang menduduki peringkat sebagai raja terkaya di Afrika, dan Perdana Menteri Aziz Akhannouch.

Dilansir dari beberapa sumber, Minggu (10/9/2023), berikut adalah daftar orang terkaya di Maroko 2023.

1. King Mohammed VI

Kekayaan bersih: US$6 miliar (Rp92 triliun)

Raja Mohammed VI, raja terkaya di Afrika dan penguasa Maroko, adalah salah satu orang paling kaya di Afrika Utara dengan kekayaan bersih sebesar US$6 miliar (Rp92 triliun).

Sumber utama kekayaan Raja Mohammed berasal dari kepemilikan saham-saham utama di perusahaan-perusahaan yang dia warisi dari mendiang ayahnya, Raja Hassan.

Dia mewarisi 35 persen saham di Societe Nationale d'Investissement, sebuah perusahaan induk yang memiliki saham di berbagai perusahaan publik, termasuk Attijariwafa, bank terbesar di negara ini.

2. Othman Benjelloun

Kekayaan bersih: US$2.4 miliar (Rp36 triliun)

Melansir laman Celebrity Net Worth, Minggu (10/9/2023), Othman Benjelloun, seorang tokoh bisnis Maroko, memiliki kekayaan bersih sebesar US$2.4 miliar (Rp36 triliun). Dia terkenal karena perannya dalam mendirikan BMCE Bank of Africa, di mana dia saat ini menjabat sebagai ketua dan CEO.

Pada tahun 1988, Benjelloun mengambil alih RMA, sebuah perusahaan asuransi Maroko dan kemudian melakukan diversifikasi bisnis dengan merambah ke sektor perbankan.

BMCE Bank, perusahaan perbankan milik Benjelloun, kini beroperasi di setidaknya 12 negara Afrika setelah mengakuisisi Bank of Africa yang berbasis di Mali.

3. Aziz Akhannouch

Kekayaan bersih: US$1.7 miliar (Rp26 triliun)

Aziz Akhannouch adalah seorang pengusaha Maroko dan perdana menteri negara itu sejak September 2021. Kekayaannya berasal dari Grup Akwa, konglomerat Maroko yang bergerak di bidang investasi minyak dan gas.

Selain itu, perusahaan ini juga memiliki kepemilikan di industri lain seperti telekomunikasi, pariwisata, hotel, dan real estate, serta beroperasi dengan merek Afriquia di SPBU-nya.

4. Miloud Chaabi

Kekayaan bersih: US$1.3 miliar (Rp19 triliun)

Miloud Chaabi adalah seorang pengusaha yang memiliki kekayaan bersih sebesar $1.3 miliar yang membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di Maroko.

Lahir di dekat Essaouira di bagian barat Maroko, Miloud Chaabi mulai bekerja sebagai petani dan penggembala kambing ketika masih berusia belasan tahun. Dia akhirnya mengumpulkan cukup uang untuk pindah ke Kenitra dan meluncurkan perusahaan konstruksi pertamanya, Ynna Holdings, pada akhir tahun 40-an.

Dia dikenal luas atas kegiatan amal dan politiknya dan menyumbangkan 10% kekayaannya untuk mendirikan universitas Amerika pertama di Maroko. Dia juga menjalankan salah satu kelompok amal paling produktif di Maroko, Miloud Chaabi Foundation.

Miloud Chaabi menjadi bagian dari Dewan Perwakilan Rakyat Maroko pada tahun 2002, dan mewakili kota Al-Suwaira di Parlemen pada tahun 2007. Dia juga berbaris ke Parlemen dengan para demonstran yang menentang korupsi dalam politik dan bisnis pada tahun 2011.

5. Anas Sefrioui

Kekayaan bersih: US$1.1 miliar (Rp16 triliun)

Anas Sefrioui, seorang pengusaha Maroko yang meninggalkan sekolah menengah untuk membantu ayahnya, Haji Abdeslam Sefrioui, dalam menciptakan produk perawatan kulit, telah mengumpulkan kekayaannya melalui pembangunan real estate residensial dan komersial di Maroko.

Sebagian besar kekayaan bersih Sefrioui berasal dari kepemilikannya di Groupe Addoha, sebuah perusahaan pengembangan real estate yang diperdagangkan secara publik, di mana dia mendapatkan kontrak dan melakukan operasi bisnis.

6. Alami Lazraq

Kekayaan bersih: US$450 juta (Rp6,9 triliun)

Alami Lazraq adalah pemegang saham utama di Alliances Developpement Immobiliere (ADI), anak perusahaan yang terdaftar di bursa efek, anak perusahaan Alliances Group, developer perumahan dan hotel terbesar di Maroko.

Lazraq mendirikan Alliances Group pada tahun 1994 dengan tujuan untuk menyediakan layanan konstruksi dan real estate sambil menciptakan perumahan yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan menengah dan rendah di Maroko. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper