Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Rutinitas Pagi Orang Sukses yang Wajib Kamu Ikuti

Orang sukses memulai rutinitas mereka dengan hal sederhana yang membangun kefokusan terlebih dahulu.
Tips sukses
Tips sukses

Bisnis.com, JAKARTA – Rutinitas pagi yang baik dapat menciptakan suasana hati yang positif dan produktivitas selama berjalannya hari.

Banyak orang mungkin berpikir orang sukses akan melakukan rutinitas pagi langsung di depan layar handphone atau komputer untuk mengecek email dan melihat pekerjaan yang masuk.

Namun hal itu salah, orang sukses memulai rutinitas mereka dengan hal sederhana yang membangun kefokusan terlebih dahulu dan masih banyak lagi rutinitas orang sukses terlepas dari teknologi dan segelas kopi pagi.

Cara terbaik untuk menentukan rutinitas pagi yang efektif adalah dengan melihat rutinitas orang-orang yang sangat sukses.

Berikut kebiasaan orang-orang sukses yang wajib kamu ikuti:

1. Bangun pagi 

Selain menghindari keterlambatan, bangun pagi juga memungkinkan orang untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Bangun pagi memberikan waktu tanpa gangguan untuk perencanaan, penyusunan strategi dan menetapkan tujuan pribadi untuk menjalani hari yang produktif .

2. Meditasi Pagi

Meditasi pagi selama beberapa menit menumbuhkan kesadaran, mengurangi stres dan mempertajam fokus. Meditasi juga digunakan untuk relaksasi dan pengurangan stres karena dapat menghasilkan keadaan relaksasi yang dalam dan pikiran yang tenang.

3. Berolahraga Secara Teratur

Aktifitas fisik di pagi hari meningkatkan energi, meningkatkan kejernihan mental dan memberikan suasana hati yang positif. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga pagi hari dengan intensitas sedang meningkatkan kognisi dan memori di siang hari untuk orang dewasa yang lebih tua. 

Olahraga sebelum sarapan juga terbukti meningkatkan pembakaran lemak dan olahraga pagi mengurangi risiko hipoglikemia pasca olahraga pada penderita diabetes dan juga meningkatkan kualitas tidur. Berkeringat sebelum mulai bekerja, sekolah atau tugas sehari-hari lainnya juga bagus untuk pola pikir.

4. Merencanakan Hari

Buatlah perencanaan hari yang sesuai. Jangan memaksakan perencanaan berlebih yang bisa menguras  tenaga. Prioritaskan tugas, tetapkan sesuai tujuan dan buatlah daftar kegiatan sehari yang terorganisir serta efisien. Selesaikan hal yang paling penting terlebih dahulu. 

5. Sarapan Sehat

Asupan nutrisi yang sehat pada pagi hari memberikan aura positif bagi kesehatan. Hal ini tentunya dapat berpengaruh secara keseluruhan, menjaga ketajaman mental serta memberikan energi untuk mengatasi tantangan dengan vitalitas.  

6. Membaca Pagi

Membiasakan membaca pada pagi hari kurang lebih 30 menit akan baik untuk pertumbuhan pribadi, mendapatkan informasi terupdate, merangsang pemikiran dan daya kritis serta yang pastinya memperluas wawasan.

Menghabiskan beberapa menit untuk membaca setiap pagi menentukan arah hari yang sukses. Terutama jika buku yang dibaca adalah buku pengembangan diri. Dengan ini kamu bisa menentukan kebijaksanaan yang ditargetkan pada tujuan pribadi, bermanfaat dan efektif untuk dilakukan. 

7. Latihan Syukur

Mengekpresikan rasa syukur setiap pagi dapat menumbuhkan pola pikir positif. Banyak-banyak bersyukur akan membuat diri seseorang semakin bahagia. Ketika mengungkapkan rasa terima kasih kepada Tuhan, seseorang pasti akan merasa lebih bahagia dan termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas hidupnya. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper