Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia, Harta kekayaan Tembus US$3 miliar

Dari Husain Sajwani hingga Muhammad Al Fayed, ini daftar pengusaha muslim terkaya di dunia
Muhammad Al Fayed
Muhammad Al Fayed

Bisnis.com, JAKARTA - Dari berbagai pengusaha kaya di berbagai dunia, beberapa diantaranya merupakan pengusaha yang berasal dari kalangan muslim. Para konglomerat tersebut didominasi berasal dari wilayah timur tengah.

Melansir dari Forbes, terdapat pengusaha muslim yang memiliki pendapatan tembus US$3 miliar. Forbes mengkategorikannya sebagai "World's Richest Arabs 2023".

Lantas, siapa saja pengusaha muslim terkaya di dunia? Simak daftarnya berikut ini

1. Husain Sajwani

Pada 2023, Hussain Sanwani memiliki kekayaan bersih US$4,5 miliar, dibandingkan tahun 2022 dia memiliki harta kekayaan bersih US$1,8 miliar. Konglomerat berkewarganegaraan Uni Emirat Arab (UEA) ini merupakan ketua pengembang real estate mewah yang berada di Dubai, DAMAC Properties.

Pada tahun 2013, usahanya itu bekerja sama dengan Donald Trump untuk mengembangkan dua lapangan golf ternama milik Trump di Dubai. Husain juga menjadi Co-branding brand Versace dan Bugatti.

2. Muhammad Mansour

Muhammad Mansour adalah penerus usaha Mansour Group yang didirikan oleh mendiang ayahnya, Loutfy pada tahun 1952. Monsur memiliki harta kekayaan bersih US3,6 miliar di tahun 2023, berkat berbagai bisnis yang dimilikinya.

Monsour grup memiliki hak distribusi eksklusif atas peralatan Caterpillar di Mesir dan tujuh negara Afrika lainnya.

3. Abdulla bin Ahmad Alghurair & keluarga

Abdulla memiliki total kekayaan bersih US$3 miliar pada tahun 2023. Ia pendiri dari Mashreqbank yang lahir di tahun 1967 dan mengundurkan diri sebagai ketua pada Oktober 2019.

Usaha miliknya sudah menggurita dimana-mana. Dia mempunyai perusahaan induk yang bergerak di bidang makanan, konstruksi, dan real estate. Adapun perusahaan konstruksi miliknya merupakan bagian dari tim pembangunan menara Burj Khalifa dan Dubai Metro.

4. Suhail Bahwan

Merupakan warga negara Oman, Suhail Bahwan mempunyai kekayaan bersih US$2,7 miliar, di mana angka tersebut melejit tinggi dibandingkan tahun 2022 yang berkisar US$200 juta.

Dia merupakan bos dari Suhail Bahwan Group yang merupakan produsen pupuk ternama. Bayangkan saja perusahaan Suhail bisa menghasilkan 1,3 juta ton urea per tahunnya.

5. Abdulla Al futtaim & keluarga

Abdulla Al Futtaim adalah pengusaha kaya yang berasal dari Uni Emirat Arab. Dia pemilik dari Al Futtaim Group, di mana pada tahun 1955 hingga saat ini, Futtaim Group menjadi distributor eksklusif Toyota di UEA.

Abdulla juga salah satu orang yang berperan penting dibalik usaha Hertz, IKEA, Toya (R) US, dan Markus and Spencer di UEA. Abdulla mengantongi kekayaan bersih US$2,4 miliar di tahun 2023.

6. Muhammad Al Fayed

Muhammad Al Fayed mempunyai gurita bisnis di beberapa sektor. Dia pemilik hotel Ritz Paris dan pemilik department store Harrods di London.

Tak hanya itu, dia pernah menjual Fulham Football seharga US$300 juta ke miliarder suku cadang mobil AS, Shahid Khan. Berkat usahanya itu, dia mem;liki kekayaan bersih US$2 miliar di tahun 2023.

7. Faisal bin Qasim Al Thani

Faisal bin Qassim Al Thani adalah bos besar dari Al Faisal Holding yang berdiri sejak 1964. Pria asal Qatar ini memiliki lebih dari 20 hotel di seluruh dunia, seperti St. Regis di Washington dan W Hotel di London. Perusahaan merupakan pemegang saham mayoritas di Aakmal, yang memegang kekuasaan atas salah satu real estate di Qatar serta menjual perlengkapan medis dan obat-obatan.
Faisal mengantongi total kekayaan bersih US$1,8 miliar di tahun 2023.

8. Ayman Hariri

Ayman mewarisi saham perusahaan konstruksi milik ayahnya yang berada di Saudi. Pada tahun 2017, dia menjual 42% sahamnya di perusahaan induk Grouped dan merupakan CEO Vero, salah satu platform media sosial. Tak hanya itu, dia memiliki investasi pada produk thermostat Nest yang saat ini menjadi bagian dari Google. Sehingga dengan berbagai bisnis yang dimilikinya, dia mempunyai kekayaan bersih US$1,4 miliar.

9. Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani

Jassim memiliki 3% saham Deutsche Bank yang diperoleh dari perusahaan Paramount Service Holdings. Dia pernah menjabat menjadi menteri luar negeri dari tahun 1992 sampai 2013. Pengusaha sukses ini memiliki kekayaan bersih di tahun 2023 senilai US$1,2 miliar.

10. Fahed Hariri

Saudara kandung dari Ayman Hariri ini menanamkan investasi di real estate di New York, Paris, dan Monte Carlo dan sejumlah bank negara Lebanon. Tak jauh berbeda dengan Ayman, dia juga menjual saham perusahaan keluarganya ke Saad Hariri. Total kekayaan bersih yang dia miliki berkisar US$1,2 miliar di tahun 2023. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper