Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Orang Miliarder Terkaya dari Dunia Otomotif, Elon Musk Tempati Posisi Pertama

Miliarder terkaya di industri otomotif, Elon Musk tetap memimpin di dunia
CEO Tesla Inc. Elon Musk saat tiba di acara Artificial Intelligence (AI) Insight Forum di Capitol Hill, Washington DC, Amerika Serikat pada Rabu (13/9/2023). - Bloomberg/Al Drago.
CEO Tesla Inc. Elon Musk saat tiba di acara Artificial Intelligence (AI) Insight Forum di Capitol Hill, Washington DC, Amerika Serikat pada Rabu (13/9/2023). - Bloomberg/Al Drago.

lBisnis.com, JAKARTA -- Industri otomotif global menjadi salah satu sumber cuan utama bagi banyak miliarder, terutama miliarder di China dalam jumlah besar, setelah berkembangnya kendaraan listrik.

Menurut penelitian MarketsandMarkets, China menyumbang sekitar 60% terhadap penjualan kendaraan listrik global setiap tahunnya. China juga mengendalikan sebagian besar rantai pasokan kendaraan listrik dan terus mengembangkan kehadiran globalnya dalam kepemimpinan kendaraan listrik. 

Menurut laporan dari Recurrent, pada 2024, permintaan pasar kendaraan listrik bekas diperkirakan akan mendapatkan momentum, dan penjualan kendaraan listrik bekas akan melonjak sekitar 100% dibandingkan dengan pada 2022 dan 40% dibandingkan tahun 2023. 

Selain itu, menurut MarketsandMarkets, penjualan kendaraan penumpang dan komersial global diproyeksikan mencapai 95 juta unit pada 2024, naik lebih dari 3,1% dari 2023.

Berikut ini miliarder terkaya yang meraup cuannya salah satunya dari keterlibatan dan kepemilikan perusahaan otomotif berdasarkan data Forbes:

1.Elon Musk

Kekayaan Bersih: US$195,3 Miliar

Elon Musk memiliki portofolio yang beragam karena ia memiliki enam perusahaan termasuk pembuat kendaraan listrik, Tesla Inc. Dengan kekayaan bersih $195,3 miliar, Elon Musk adalah salah satu miliarder terkaya di dunia.

2. Robin Zeng

Kekayaan Bersih: US$27,4 Miliar

Robin Zeng adalah pendiri dan ketua Contemporary Amperex Technology Co., Limited.  Robin Zeng adalah miliarder terkaya kedua di industri otomotif.

3. Stefan Quandt

Kekayaan Bersih: US$26,9 triliun

Stefan Quandt memiliki hampir 23,6% Bayerische Motoren Werke Aktiengesellschaft. Stefan Quandt adalah salah satu miliarder terkaya di industri otomotif.

4. Susanne Klatten

Kekayaan Bersih: $26,1 triliun

Susanne Klatten, yang merupakan saudara perempuan Stefan Quandt, memiliki 19% saham di Bayerische Motoren Werke Aktiengesellschaft (BMW). Susanne Klatten memiliki kekayaan bersih sekitar US$26,1 miliar, pada 30 Maret 2024.

5. Eric Li

Kekayaan Bersih: US$17,7 Miliar

Eric Li adalah pimpinan Geely Automobile Holdings Limited, salah satu produsen mobil terbesar di China. Dengan kekayaan bersih US$17,7 miliar, Eric Li menempati peringkat kelima di antara miliarder terkaya di industri otomotif.

6. Wang Chuanfu

Kekayaan Bersih: US$15,2 Miliar

Wang Chuanfu mendirikan BYD Company Limited, yang kini menjadi pembuat kendaraan listrik terbesar berdasarkan penjualan unit. Wang Chuanfu menempati peringkat keenam di antara miliarder terkaya di industri otomotif.

7. Huang Shilin

Kekayaan Bersih: US$12,6 Miliar

Huang Shilin menjabat Contemporary Amperex Technology Co., Limited sebagai wakil direktur sebelum dia meninggalkan dewan direksi pada Agustus 2022. Huang Shilin adalah salah satu miliarder terkaya di industri otomotif.

8. Lu Xiangyang

Kekayaan Bersih: US$12,3 Miliar

Lu Xiangyang bersama sepupunya, Wang Chuanfu, mendirikan BYD Company Limited pada 1995. Lu Xiangyang adalah wakil direktur perusahaan dan memiliki kekayaan bersih sebesar US$12,3 miliar.

9. Shahid Khan

Kekayaan Bersih: US$12,2 Miliar

Shahid Khan adalah salah satu miliarder terkaya di industri otomotif dan memiliki kekayaan bersih sekitar US$12,2 miliar, per 30 Maret 2024. Shahid Khan memiliki pemasok suku cadang mobil Flex-N-Gate.

10. Wei Jianjun

Kekayaan Bersih: US$11 Miliar

Wei Jianjun adalah pendiri dan ketua Great Wall Motor Limited. Great Wall Motor Limited adalah salah satu produsen SUV terkemuka di China. Wei Jianjun berada di peringkat 10 miliarder terkaya di industri otomotif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper