Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Taipan RI yang Hartanya Naik Rp190,88 Miliar saat Idulfitri

Salah satu crazy rich Indonesia membukukan kenaikan nilai kekayaan bersih ratusan miliar saat momen Idulfitri 1445 Hijriah.
Sri Prakash Lohia, pengusaha Indonesia berdarah India, pendiri dan pemilik PT Indo-Rama Syntethic Tbk. (INDR)./Istimewa
Sri Prakash Lohia, pengusaha Indonesia berdarah India, pendiri dan pemilik PT Indo-Rama Syntethic Tbk. (INDR)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Salah satu sosok taipan Indonesia yang masuk daftar orang terkaya di dunia, Sri Prakash Lohia, membukukan kenaikan nilai kekayaan bersih di tengah momen perayaan Idulfitri 1445 Hijriah.

Laporan Forbes Real Time Billionaires Kamis (11/4/2024) mengungkapkan nilai kekayaan bersih atau net worth Sri Prakash Lohia naik US$12 juta atau setara dengan Rp190,88 miliar pada Rabu (10/4/2024) atau bersamaan dengan Lebaran hari pertama 2024.

Berkat kenaikan itu, nilai kekayaan bersih Sri Prakash Lohia terkini menembus US$8,5 miliar. Posisi itu membuatnya menempati posisi ke-304 daftar orang terkaya di dunia.

Untuk diketahui, Sri Prakash Lohia merupakan konglomerat berkebangsaan Indonesia yang lahir dan besar di India. Pundi-pundi kekayaan terbesarnya berasal memproduksi pupuk dan polimer.

Dalam catatan Bisnis, Sri Prakash merupakan kakak ipar dari Lakshmi N Mittal, salah satu orang terkaya di dunia yang kini memiliki harta senilai US$16,5 miliar. 

Dikutip dari Times of India, Lohia diketahui memiliki properti mewah di pusat kota London, Inggris yaitu Sheridan House yang dibelinya pada 2008. Sheridan House berada di salah satu distrik termegah di London yang merupakan warisan negara.

Properti dengan nilai sejarah yang kuat itu dulunya tempat tinggal Jenderal John Burgoyne, salah satu tokoh penting pada Perang Revolusi Amerika. Lohia membeli Sheridan House ketika kondisinya nyaris ambruk. Dia melakukan perbaikan selama 5 tahun untuk menjadikan Sheridan House sebagai properti pribadi. 

Adapun, restorasi Sheridan House dari warisan negara menjadi properti pribadi sekaligus perbaikan yang dilakukan Lohia menghabiskan dana hingga £50 juta atau nyaris Rp1 triliun (estimasi kurs Rp18.482).

Proses renovasi hunian mewah tersebut melibatkan sekelompok kecil sejarawan, perancang dan perajin untuk memulihkan rumah mewah bergaya Georgia di daerah Mayfair, London. 

Menurut The Asian Awards, Lohia mendapat julukan "Maharajah dari Mayfair" karena dia telah menghabiskan sekitar £50 juta untuk renovasi rumah bergaya Georgia berusia 243 tahun di Mayfair. Meski diubah menjadi properti pribadi, akuisisi Lohia atas Sheridan House tak mengubah aura kemegahan aslinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper