Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia 2024

Berikut daftar 10 kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. New York tempati posisi pertama
Pemandangan gedung bertingkat dan Manhattan Bridge di New York, Amerika Serikat. Dok. Freepik.
Pemandangan gedung bertingkat dan Manhattan Bridge di New York, Amerika Serikat. Dok. Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA — Di seluruh dunia, tercatat ada 2.781 orang miliarder pada tahun ini. Mereka berasal dan tinggal di berbagai tempat. Tak melulu di kota yang elit, ada pula yang memilih tinggal di desa. 

Menurut daftar Miliarder Dunia terbaru Forbes, faktanya hampir seperempat miliarder, dengan kekayaan total US$3 triliun, tinggal di satu dari sepuluh kota yang tersebar di enam negara saja.

Kota New York sekali lagi menjadi rumah bagi miliarder terbanyak di dunia. Kota ini merupakan tempat tinggal utama bagi sekitar 110 miliarder yang memiliki kekayaan kolektif sebesar US$694 miliar. 

Big Apple telah lama mendominasi peringkat tersebut, selalu berada di peringkat ke-1 dalam 11 tahun terakhir, kecuali satu kali, sempat ditempati Beijing pada 2021. 

Miliarder New York mencakup sekitar 62 orang Wall Street dan taipan keuangan dan investasi lainnya, 14 taipan real estate, serta selusin tokoh fesyen dan ritel.

Sementara Hong Kong dan Moskow berada di peringkat kedua, dengan masing-masing 74 miliarder. Hong Kong yang merupakan wilayah otonomi China naik dua peringkat.

Lompatan besar bagi Moskow yang naik dari peringkat ke-6 tahun lalu ke peringkat ke-2, seiring dengan pulihnya kekayaan Rusia setelah dampak dari krisis ekonomi setelah invasi negara tersebut ke Ukraina pada awal 2022, dan mendorong banyak warga Moskow masuk dalam daftar miliarder. 

Mumbai juga mengalami lompatan besar, dari posisi ke-7 ke posisi keempat setelah menambah 13 miliarder sejak tahun lalu.

Salah satu kota yang kehilangan tempatnya di 10 besar adalah Shenzhen. Kota di China, yang tahun lalu menempati posisi ke-8, menderita penurunan sampai 17 miliarder dan kini berada di peringkat ke-12. 

Dua kota miliarder populer lainnya di negara yang sedang berjuang ini, Beijing dan Shanghai. Keduanya masuk dalam daftar 10 besar, tetapi peringkatnya turun pada daftar tahun ini.

Baik San Francisco maupun Los Angeles, mengalami kenaikan tahun ini, sebagian karena Forbes memasukkan kota-kota besar dan kecil di wilayah mereka, seperti Santa Monica dan Glendora. Forbes tidak dapat menentukan tempat tinggal utama bagi 59 dari 2.781 miliarder pada peringkat tahun 2024.

Daftar 10 kota dengan miliarder terbanyak di dunia:

1. New York

Jumlah miliarder: 110 

Total kekayaan bersih: US$694 miliar

Penduduk terkaya: Michael Bloomberg (US$106 miliar)

Dengan 110 miliarder, 9 orang lebih banyak dibandingkan tahun lalu, New York City mempertahankan statusnya sebagai ibu kota miliarder. 

Dua penduduk terkaya di kota ini, raja media dan mantan walikota Michael Bloomberg diperkirakan memiliki kekayaan bersih US$106 miliar dan pewaris Koch Industries Julia Koch memiliki kekayaan US$64,3 miliar. 

New York juga merupakan rumah bagi delapan miliarder baru, termasuk Jean Madar (US$1,1 miliar), salah satu pendiri perusahaan wewangian Prancis Interparfums, dan Assaf Rappaport (US$1 miliar), salah satu pendiri startup keamanan cloud Israel, Wiz.

2. Moskow

Jumlah miliarder: 74 

Total kekayaan bersih: US$378 miliar

Penduduk terkaya: Vagit Alekperov (US$28,6 miliar)

Ketika perang Rusia di Ukraina sedang berlangsung, kelompok ultra-kaya di Moskow justru bertambah kaya sebesar US$50 miliar sehingga menjadikan ibu kota negara tersebut dari peringkat ke-6 menjadi peringkat ke-2 dalam daftar tersebut. 

Kota ini juga memperoleh 12 pendatang baru yang memecahkan nilai kekayaan sepuluh digit tahun ini, beberapa di antaranya mendapat keuntungan, baik secara langsung atau tidak langsung, dari perang yang sedang berlangsung.

Termasuk Vladimir Melnikov (US$1,7 miliar), di mana ritel fesyennya, Gloria Jeans, mengalami peningkatan penjualan sebesar 28% menjadi US$875 juta dalam 2 tahun terakhir, sebagian berkat rival asingnya H&M dan Zara yang menutup hampir 650 toko jika digabungkan.

3. Hong Kong

Jumlah miliarder: 74 

Total kekayaan bersih: US$326 miliar

Penduduk terkaya: Li Ka-shing (US$37,3 miliar)

Hong Kong kembali berada di peringkat kedua tahun ini, kali ini setara dengan Moskow, setelah mengalami peningkatan bersih menjadi 74 miliarder. 

Di antara penduduk miliardernya terdapat delapan pendatang baru, termasuk Jean-Louis van der Velde (US$3,9 miliar), salah satu pendiri dan CEO bisnis kripto Tether dan Bitfinex. Lalu, Solina Chau (US$3,1 miliar), yang perusahaan dana modal venturanya, Horizons Ventures, termasuk di antara yang investor awal di perusahaan teknologi seperti Facebook, Spotify, Zoom.

4. Mumbai

Jumlah miliarder: 69  

Total kekayaan bersih: US$379 miliar

Penduduk terkaya: Mukesh Ambani (US$116 miliar)

Naik tiga peringkat ke peringkat 4, warga terkaya Mumbai tidak hanya memperoleh total kekayaan sebesar US$100 miliar, mereka juga menyambut 11 miliarder baru ke dalam jajaran mereka. 

Kota ini adalah rumah bagi orang terkaya di Asia, Mukesh Ambani (US$116 miliar), serta Shapoor Mistry (US$9,9 miliar), seorang warga negara Irlandia yang mengendalikan raksasa teknik dan konstruksi Shapoorji Pallonji Group yang berbasis di Mumbai.

5. Beijing

Jumlah miliarder: 63 

Total kekayaan bersih: US$211 miliar

Penduduk terkaya: Zhang Yiming (US$43,4 miliar)

Ibu kota China ini telah kehilangan 32 miliarder sejak menduduki puncak daftar miliarder pada 2021, ketika 100 orang yang terdaftar di Forbes menyebut kota tersebut sebagai rumah mereka. 

Jumlah miliardernya yang berjumlah 63 orang tidak berubah dibandingkan tahun lalu, meskipun kekayaan bersih gabungan mereka turun sebesar 14% di tengah kesulitan ekonomi China. 

Terlepas dari semua ini, dua pendatang baru muncul di Beijing tahun ini, yaitu Dai Wenyuan (US$1,6 miliar), pendiri dan CEO perusahaan perangkat lunak AI 4Paradigm, dan Zheng Fan (US$1,5 miliar), direktur independen di Li Auto, produsen kendaraan listrik yang berkantor pusat di Beijing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper