Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia 2024

Berikut daftar 10 kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. New York tempati posisi pertama
Pemandangan gedung bertingkat dan Manhattan Bridge di New York, Amerika Serikat. Dok. Freepik.
Pemandangan gedung bertingkat dan Manhattan Bridge di New York, Amerika Serikat. Dok. Freepik.

6. London

Jumlah miliarder: 62 

Total kekayaan bersih: US$326 miliar

Penduduk terkaya: Len Blavatnik (US$32,1 miliar)

Turun satu peringkat dari peringkat terakhir setiap tahunnya, London turun dari peringkat ke-4 dalam daftar pada 2022 ke posisinya saat ini di peringkat ke-6. London tidak menambah pendatang baru tahun ini dan malah kehilangan salah satu penghuninya yang paling ikonik. 

Mohamed Al Fayed, terkenal sebagai pemilik department store Harrod's di London dan ayah dari Dodi Fayed, yang meninggal dalam kecelakaan mobil bersama Putri Diana pada 1997. Mohamed Al Fayed meninggal pada Agustus 2023, pada usia 94 tahun.

7. Shanghai

Jumlah miliarder: 54  

Total kekayaan bersih: US$167 miliar

Penduduk terkaya: Colin Huang (US$38,9 miliar)

Shanghai kehilangan miliarder terbanyak di antara sepuluh besar tahun ini, turun dari 65 menjadi 54. Lebih dari separuh miliarder yang tetap berada dalam daftar tersebut memiliki kekayaan lebih rendah dibandingkan 2023, hal ini mencerminkan penurunan yang terjadi di kota-kota China lainnya seperti Beijing. 

Namun, Shanghai menyambut delapan anggota baru dalam klub bernilai sepuluh digit tersebut, yang sebagian besar memperoleh kekayaannya dari industri teknologi, dan menyaksikan penduduk terkaya di kota itu, Colin Huang (US$38,9 miliar), pendiri raksasa e-commerce PPD Holdings, menjadi lebih kaya sebesar US$8,7 miliar.

8. Los Angeles

Jumlah miliarder: 53  

Total kekayaan bersih: US$222 miliar

Penduduk terkaya: John Tu (US$13,6 miliar)

Lonjakan jumlah miliarder selebritas mendorong LA naik ke peringkat 10 besar di tengah metodologi baru Forbes yang mencakup wilayah sekitarnya. Miliarder Los Angeles termasuk legenda NBA LeBron James (US$1,2 miliar), bintang realitas Kim Kardashian (US$1,7 miliar) dan penyanyi Rihanna (US$1,4 miliar).

9. Singapura

Jumlah miliarder: 52 

Total kekayaan bersih: US$156 miliar

Penduduk terkaya: Eduardo Saverin (US$28 miliar)

Singapura terus menanjak sebagai salah satu kota paling populer bagi kaum ultra kaya. Sejak negara kota ini masuk dalam daftar di urutan ke-9 tahun lalu, negara ini memperoleh total 6 miliarder sehingga menduduki peringkat ke-8. 

Singapura adalah rumah bagi Eduardo Saverin (US$28 miliar), yang merupakan salah satu pendiri Facebook, dan dua trio bersaudara, Bachtiar Karim (US$1,4 miliar), Burhan Karim (US$1,2 miliar), dan Bahari Karim (US$1,2 miliar), yang bersama-sama menjalankan perusahaan minyak sawit Musim Mas.

Kemudian, ada Wee Ee Cheong (US$1,6 miliar), Wee Ee Chao (US$1,3 miliar) dan Wee Ee Lim (US$1,3 miliar), cucu dari salah satu pendiri United Overseas Bank yang memiliki 500 cabang.

10. San Fransisco

Jumlah miliarder: 50  

Total kekayaan bersih: US$185 miliar

Penduduk terkaya: Dustin Moskovitz (US$18,3 miliar)

Sejumlah miliarder bermunculan dari akar Silicon Valley, termasuk penduduk terkaya di San Francisco, salah satu pendiri Facebook dan Asana Dustin Moskovitz (US$18,3 miliar), profesor ilmu komputer Stanford David Cheriton (US$12,6 miliar) dan enam pendatang baru, termasuk Ivan Zhao (US$1,5 miliar), salah satu pendiri dan CEO perangkat lunak produktivitas dan aplikasi kerja Notion, serta kepala OpenAI dan investor teknologi Sam Altman (US$1 miliar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper