Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Deborah Szekely, Wanita Tertua dalam Daftar 50 Over 50 Forbes 2024

Mengenal Deborah Szekely, wanita tertua dalam daftar Forbes 50 Over 50 2024
Deborah Szekely/instagram
Deborah Szekely/instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Forbes kembali merilis daftar tahunannya, 50 Over 50 yang kini dirilis untuk keempat kalinya. Dalam daftar tersebut, ada nama Deborah Szekely yang tertua dalam daftar, berusia 102 tahun. 

Daftar Forbes 50 Over 50 menyoroti pengusaha, investor, penemu, dan seniman yang paling mengesankan dari sisi bisnis, dengan total ada 200 orang dalam daftar dan dibagi menjadi empat kategori. Daftar ini juga membuktikan bahwa kesuksesan dan inovasi tidak memiliki batasan usia.

Dalam daftar ini, ada nama Deborah Szekely yang menarik perhatian di kategori Lifestyle, karena usianya yang sudah mencapai 102 tahun dan masih aktif bekerja mengelola bisnis kecantikan dan kesehatannya. 

‎Mengutip Forbes, bagi Deborah Szekely yang berusia 102 tahun, rahasia untuk menua dengan baik adalah dengan masih aktif bekerja tiga hari seminggu dan berjalan sejauh satu mil setiap hari. 

Profil Deborah Szekely

Dijuluki "Godmother of Wellness", Deborah lahir di Brooklyn, AS, pada 3 Mei 1922. Dia menikah dengan "sang Profesor." Edmond terkenal karena berbagai studi, tulisan, dan pidatonya pada 1930-an. 

Pandangannya tentang filsafat dan agama kuno, hingga nilai gizi dari sayuran segar yang baru dipetik tanpa pestisida, olahraga, dan apa yang sekarang kita sebut "ekologi", merupakan hal yang revolusioner pada masa itu.

Saat kengerian Perang Dunia II melanda dunia, sang Profesor, yang kala itu masih warga negara Rumania, terpaksa kehilangan kewarganegaraan saat dokumen yang dikeluarkan AS miliknya kedaluwarsa. 

Dia diberi tahu bahwa dia harus pergi sebelum tanggal 1 Juni atau akan dikembalikan ke negara asalnya. Mereka lantas menyeberangi perbatasan ke selatan, tanpa dokumen. 

Didorong oleh tekad yang kuat, mereka menemukan sebidang tanah dengan gudang penyimpanan dari tanah liat untuk disewa, yang kemudian mereka jadikan rumah. 

Mereka tinggal, dan hidup dalam kondisi yang paling primitif, namun berhasil bertahan dan bahkan berkembang pesat.  Tempat yang tadinya sementara bagi mereka itu kemudian menjadi permanen. 

Mereka kemudian meresmikan Rancho La Puerta. Tempat itu bahkan menjadi tempat berlindung bagi para pencari kesehatan dari AS dan Inggris.

Di usia senjanya, dia masih mengelola Rancho La Puerta. Pada 1950-an, Szekely membangun kesuksesannya dengan membuka Golden Door di San Marcos, California. 

Kemudian, pada 1984, Presiden Reagan mengangkatnya sebagai presiden Inter-American Foundation, sebuah lembaga independen yang berinvestasi dalam pembangunan yang dipimpin masyarakat di Amerika Latin dan Karibia. 

Saat ini, bisnis mereka telah turun ke Sarah Livia Brightwood, putri Deborah dan Edmond, yang memimpin bisnisnya sebagai presiden. Edmond meninggal pada 1979. Kemudian, putra mereka, Alex  meninggal pada 2002. 

Deborah, yang kini berusia 102 tahun masih sehat dan terus menjalani kehidupan yang aktif dan sehat yang mencakup ceramah mingguan untuk tamu Ranch dan jadwal padat aktivisme komunitas di San Diego.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper