Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tren Yang dapat Bantu Memajukan Bisnis Anda di 2021

Kreativitas dan inovasi membantu mendorong bisnis maju bahkan di saat-saat paling gelap dari pasar yang tidak dapat diprediksi.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 30 Desember 2020  |  17:04 WIB
Entrepreneur sedang negosiasi - ilustrasi
Entrepreneur sedang negosiasi - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti yang dipikirkan oleh sebagian besar pemilik usaha kecil tentang tahun 2020, ungkapan "kebutuhan adalah awal dari inovasi" perlu diikuti dengan rasa sakit, keringat, dan ketakutan.

Tidak diragukan lagi bahwa dampak pandemi sangat berdampak pada bisnis kecil.

Kreativitas dan inovasi membantu mendorong bisnis maju bahkan di saat-saat paling gelap dari pasar yang tidak dapat diprediksi.

Memanfaatkan dorongan yang sama untuk memaksimalkan efisiensi dan melayani pelanggan di mana pun mereka berada, yang akan mendorong bisnis ke depan di tahun 2021 dan seterusnya.

Dalam sebuah survei yang dilakukan dengan Deloitte yang melihat bagaimana bisnis kecil telah mengubah strategi digital mereka sejak pandemi COVID-19 dimulai, empat dari lima pemilik mengatakan bahwa mereka berharap dapat meningkatkan penggunaan alat digital di masa mendatang.

Berikut adalah beberapa pemikiran tentang bagaimana pergeseran ini akan terus berlangsung di tahun 2021, dan bagaimana Anda dapat memposisikan bisnis Anda untuk mendapatkan keuntungan, seperti dikutip dari Entrepreneur.

- Pergeseran yang dipicu oleh pandemi bisa menjadi perubahan permanen untuk menjadi lebih baik.

Tentu, setelah memoles situs web, merilis konten kreatif kreatif, merangkul opsi e-niaga baru, dan meluncurkan layanan pemesanan online beberapa bisnis mungkin kembali ke apa yang dulunya 'bisnis seperti biasa'. Jangan seperti itu. Sebaliknya, jadilah bisnis yang terus berkembang menjadi lebih baik.

- Manfaatkan kemajuan otomatisasi untuk membangun brand dan menginspirasi proses kreatif.

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi kehidupan sehari-hari kita menjadi jauh lebih mudah karena otomatisasi. Kenyamanan yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari dapat dan harus diterapkan pada bisnis Anda juga. Ilmu kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin telah berkembang pesat sehingga hal-hal baru dimungkinkan untuk operasi bisnis kecil.

- Ceritakan tentang diri Anda ketika menawarkan bisnis.

Apakah Anda seorang ekstrovert atau introvert, kisah Anda sendiri secara harfiah adalah kisah bisnis Anda. Bercerita dapat membantu siapa pun terhubung dengan brand Anda. Menghubungkan narasi ke bisnis Anda sendiri kemungkinan besar akan meningkatkan kesuksesan dan kepercayaan konsumen

- Rangkullah komunitas Anda.

COVID membuat orang semakin disayangi oleh bisnis kecil, dan itu akan bertahan. Survei terbaru tentang pola pembelian konsumen selama pandemi menunjukkan hubungan yang kuat yang dirasakan konsumen: hampir tiga perempat orang yang mulai berbelanja di tempat baru mengatakan bahwa setidaknya satu dari bisnis baru tersebut adalah bisnis kecil.

Bisnis di masa depan adalah tentang mempertahankan dan memahami pelanggan Anda, yang telah setia kepada Anda karena suatu alasan. Jika tahun 2020 mengajarkan kita sesuatu, kita tidak bisa memprediksi masa depan. Dengan merangkul tren ini, bagaimanapun, bisnis Anda pasti akan berada pada posisi yang lebih baik untuk itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top