Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Sukses Membangun 2 Bisnis pada Waktu Bersamaan

Memang, beberapa wirausahawan mungkin mendapati diri mereka memiliki waktu luang, tetapi banyak juga yang bekerja hingga 95 jam sepekan atau selalu stand by untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 28 April 2021  |  12:52 WIB
Cara mengubah pivot bisnis. - ilustrasi
Cara mengubah pivot bisnis. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika banyak orang memasuki kewirausahaan untuk menjadi bos bagi diri mereka sendiri, bukan rahasia lagi bahwa menjadi wirausahawan sering kali harus melampaui standar kerja nine-to-five.

Memang, beberapa wirausahawan mungkin mendapati diri mereka memiliki waktu luang, tetapi banyak juga yang bekerja hingga 95 jam sepekan atau selalu stand by untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

24 jam kadang tidak cukup untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dan gagasan untuk mendirikan dua bisnis pada waktu yang sama mungkin terdengar sedikit gila.

Tetapi percaya atau tidak, hal itu bisa dilakukan, dan dengan sukses besar.

Dilansir melalui Entrepreneur, begini caranya.

1. Delegasikan tugas.

Delegasi dan outsourcing adalah kunci untuk tidak merasa kewalahan dengan tanggung jawab sehari-hari lebih dari satu bisnis. Anda perlu berpikir kritis tentang hal-hal mana yang benar-benar membutuhkan perhatian Anda, dan apa yang dapat Anda percayakan kepada karyawan, freelancer, atau agensi luar.

Tentu saja, sebagian besar pendelegasian yang sukses berasal dari perekrutan tim yang tepat dan bekerja dengan rekan pendiri yang tepat sejak awal. Mendelegasikan tugas pemasaran dan administrasi saja dapat mengurangi beban kerja Anda hingga 40%. Waktu yang sangat dibutuhkan itu dapat digunakan untuk tugas-tugas tingkat tinggi yang menuntut perhatian Anda.

2. Atur waktu yang Anda habiskan dengan setiap bisnis

Pengusaha dengan beberapa bisnis seringkali terperangkap dengan pembagian waktu untuk memperhatikan satu bisnis dan lainnya. Untuk menghindari hal ini, pertanggungjawabkan diri Anda tentang bagaimana Anda menggunakan waktu Anda.

Mulailah dengan menjadwalkan berapa banyak waktu yang akan Anda curahkan untuk setiap tim setiap hari. Misalnya, Anda menghabiskan waktu pagi Anda dengan tim pemasaran dan penjualan Bisnis A, dan sore hari Anda melakukan triase pada logistik untuk Bisnis B. Gunakan waktu secara efektif.

3. Operasikan kedua bisnis dari satu lokasi.

Meskipun Anda perlu memisahkan bisnis Anda dalam hal struktur hukumnya, pendiri sering kali mendapatkan keuntungan dengan menggunakan satu lokasi untuk pekerjaan mereka dengan kedua perusahaan. Ini membuat Anda lebih mudah untuk tetap terlibat dengan setiap perusahaan setiap hari, tidak perlu bolak-balik antar perusahaan sehingga lebih mudah untuk dikelola, karena Anda tidak akan membuang-buang waktu untuk perjalanan.

4. Gunakan tolak ukur bisnis yang berhasil

Saat memulai banyak bisnis, Anda sebenarnya memiliki keuntungan karena dapat mengidentifikasi dan mengukur cara yang berhasil untuk digunakan di kedua perusahaan. Seperti yang dikatakan Elon Musk, “Membangun perusahaan itu seperti membuat kue. Anda harus memiliki semua bahan dalam proporsi yang tepat. \"

Jika Anda telah membuktikan format dan proses untuk satu perusahaan, Anda dapat membandingkannya untuk bisnis berikutnya guna menghemat waktu dan energi. Ini juga berlaku untuk memilih alat atau platform apa yang akan digunakan untuk menjalankan operasi bisnis.

Bahkan ketika bisnis Anda beroperasi di ceruk yang sama sekali berbeda, Anda masih dapat menarik pelajaran dari keberhasilan dan kemunduran mereka yang berbeda yang berlaku di seluruh papan. Ketika Anda menemukan proses yang membuat perbedaan dramatis untuk satu perusahaan, kemungkinan besar proses tersebut juga akan menghasilkan keajaiban bagi perusahaan lainnya.

Mendirikan dan menjalankan beberapa bisnis pada saat yang sama bisa menjadi sangat menantang, tetapi juga sangat bermanfaat.

Dengan menggunakan metode ini untuk memastikan Anda menggunakan waktu Anda dengan tepat dan memberikan perhatian yang layak kepada setiap perusahaan, Anda dapat menempatkan semua usaha wirausaha Anda di jalan menuju kesuksesan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top