Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Orang Terkaya di India, Mukesh Ambani Nomor Wahid

India tercatat memiliki 169 miliarder pada 2023, bertambah tiga dari tahun sebelumnya. Berikut ini daftar 10 orang terkaya di India pada 2023.
Chairman dan Managing Director Reliance Industries Mukesh Ambani./Bloomberg
Chairman dan Managing Director Reliance Industries Mukesh Ambani./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Mukesh Ambani menempati posisi sebagai orang terkaya nomor satu di India dengan total kekayaan mencapai Rp1.269 triliun.

Melansir Forbes, Jumat (11/8/2023), jumlah miliarder di India mencapai 169 orang pada tahun ini, bertambah tiga orang dari tahun sebelumnya.

Namun, gabungan kekayaan bersih orang-orang terkaya di India pada 2023 menurun hingga US$75 miliar atau sekitar Rp1.141 triliun jika dibandingkan 2022.

Penurunan total gabungan kekayaan bersih para miliarder disebut akibat anjloknya saham perusahaan di Adani Group, menyusul adanya laporan Hindenburg Research pada bulan Januari tentang tuduhan penipuan oleh konglomerat asal India tersebut.

Di samping itu, Mukesh Ambani mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya di India dan Asia, sekaligus menyabet posisi kesembilan dalam daftar orang terkaya di dunia.

Berikut daftar 10 orang terkaya di India 2023 versi Forbes:

1. Mukesh Ambani – Rp1.269,3 triliun

Meski masih mengamankan posisinya sebagai orang terkaya di India dan Asia, kekayaan Mukesh Ambani diketahui menurun sebesar 8 persen selama setahun terakhir.

Namun, pendapatan tahunan Reliance Industries, bisnis multinasional miliknya dilaporkan melampaui Rp1.552 triliun untuk pertama kalinya dalam tahun fiskal hingga Maret 2022.

Pria berusia 65 tahun ini memberikan peran kunci dalam bisnis yang berbeda kepada masing-masing dari ketiga anaknya, Akash di bidang telekomunikasi, Isha di bidang ritel, dan Anant di bidang energi hijau.

2. Gautam Adani – Rp718,3 triliun

Kemerosotan saham mengurangi kekayaan bersih Gautam Adani yang sebelumnya mencapai Rp1.369 triliun tahun lalu. Kemerosotan signifikan disebabkan oleh sejumlah masalah hukum yang menyerang Adani Group dan hingga saat ini masih berlanjut.

Taipan infrastruktur dan komoditas ini sempat menjadi orang terkaya kedua di dunia September lalu dan menjadi orang terkaya ketiga di dunia untuk sebagian besar bulan Januari.

3. Shiv Nadar – Rp389,5 triliun

Penurunan jumlah kekayaan juga dialami oleh raja perangkat lunak Shiv Nadar, yang diketahui anjlok hingga 11 persen dari tahun sebelumnya.

Nadar merupakan salah satu pendiri HCL Technologies, perusahaan pelopor IT terbesar di India yang saat ini pendapatannya senilai Rp179,5 triliun. Pada Juli 2020, Nadar mengundurkan diri sebagai ketua perusahaan dan menyerahkan posisi tersebut kepada putrinya, Roshni Nadar Malhotra. Dia sekarang menjadi ketua emeritus dan penasihat strategis.

4. Cyrus Poonawalla – Rp343,8 triliun

Merupakan putra seorang peternak kuda, Cyrus Poonawalla mendirikan Institut Serum India pada 1966 dan membangunnya menjadi pembuat vaksin terbesar di dunia berdasarkan dosisnya.

Institut tersebut menghasilkan lebih dari 1,5 miliar dosis serum per tahun dari berbagai vaksin, termasuk untuk campak, polio, dan flu.

Serum memiliki sejumlah kemitraan vaksin Covid-19 dan memproduksi Covishield, vaksin yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford.

5. Lakshmi Mittal – Rp269,2 triliun

Mittal merupakan ketua ArcelorMittal, perusahaan baja dan pertambangan terbesar di dunia berdasarkan produksinya. Berasal dari klan baja, dia berpisah dari saudara-saudaranya untuk memulai Mittal Steel kemudian menggabungkan perusahaan dengan Arcelor Prancis pada 2006.

ArcelorMittal melaporkan laba bersih sebesar Rp141,5 miliar pada 2022, 38 persen lebih rendah dari tahun sebelumnya akibat pengiriman baja yang lebih rendah dan gangguan yang disebabkan oleh konflik di Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Raja Ritel India
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper