Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 4 Tips Memulai Bisnis Online di Tahun 2024

4 kunci memulai bisnis online di tahun 2024, calon pengusaha wajib tahu
Tips bisnis planning/istimewa
Tips bisnis planning/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Setiap tahunnya, lebih dari 5 juta pebisnis baru memulai perjalanan kewirausahaan mereka. 

Namun, banyak kesulitan yang dihadapi oleh pebisnis pemula untuk mempertahankan bisnisnya. 

Statistik menunjukkan bahwa sekitar 30 persen dari usaha ini menghadapi tantangan keberlanjutan, yang menyebabkan kegagalan dalam dua tahun pertama.

Untuk mengatasi rintangan ini dan mengarahkan bisnis menuju kesuksesan pada 2024, melansir Entrepreneur, berikut ini adalah empat tips utama yang dapat membantu usaha online tidak hanya bertahan, namun benar-benar berkembang.

1. Jangan hanya fokus pada Google sebagai sumber traffic

Fakta mengejutkan bahwa 93 persen pengalaman online dimulai dengan mesin pencari. Namun, tren saat ini menunjukkan adanya penurunan lalu lintas pengunjung yang diarahkan ke situs web oleh mesin pencari tersebut.  Pergeseran ini memerlukan poros strategis untuk bisnis online.

Menerapkan pendekatan multi-channel ternyata tidak hanya disarankan, tapi penting untuk dijalankan. Hampir 50 persen dari seluruh pengguna internet akan mencari video terkait produk sebelum mengunjungi toko, jadi pikirkanlah lebih dari sekadar menggunakan mesin analitik Google. 

Platform seperti YouTube, Reddit, dan TikTok bisa menjadi "tambang emas" untuk menjangkau pemirsa yang beragam dan terlibat.

Keuntungan memanfaatkan berbagai sumber lalu lintas bisa menghasilkan keberlanjutan bagi bisnis yang tengah dijalankan. Saat Anda hadir di berbagai platform, Anda tidak hanya memperluas jangkauan Anda, tapi juga melindungi bisnis dari tren lalu lintas online yang tidak dapat diprediksi.

Strategi ini mengarah pada model bisnis yang lebih kuat, tangguh, dan berkelanjutan. Ini memungkinkan Anda untuk lebih mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar, memanfaatkan peluang yang muncul, dan mempertahankan arus lalu lintas dan pelanggan potensial yang stabil.  

Dalam dunia bisnis online yang bergerak cepat, kemampuan beradaptasi dan ketahanan adalah kunci keberhasilan jangka panjang.

2. Pekerjakan tim pekerja lepas atau freelancer jarak jauh

Dalam lanskap perekonomian yang dinamis pada tahun ini, gagasan tradisional untuk memiliki tim yang bekerja penuh waktu di kantor tidak lagi menjadi suatu keharusan, dan lebih merupakan pilihan.  

Peralihan saat ini adalah ke arah mempekerjakan pekerja lepas dan membangun tim jarak jauh. Ini adalah langkah strategis yang selaras dengan sifat pekerjaan dan kebutuhan bisnis yang terus berkembang.

Mempekerjakan pekerja lepas atau freelancer bisa jauh lebih hemat biaya dibandingkan mempekerjakan staf penuh waktu. Tanpa memerlukan pengeluaran seperti ruang kantor, peralatan, dan gaji penuh waktu dengan tunjangan, bisnis dapat mengurangi biaya operasional.  

Pekerja lepas bisa dibayar hanya untuk pekerjaan yang mereka berikan, yang berarti Anda juga berinvestasi langsung pada hasil, bukan hanya jam kerja yang dihabiskan.

Anda tidak lagi terbatas pada pasar kerja lokal, tapi juga merekrut pekerja global, sehingga bisnia Anda dapat menemukan solusi yang tepat untuk tugas atau proyek tertentu, memastikan hasil berkualitas tinggi dari para ahli di seluruh dunia.

Terdapat 73,3 juta kontraktor independen di Amerika Serikat pada 2023. Pekerjaan lepas menawarkan fleksibilitas yang tak tertandingi. Para pebisnis dapat meningkatkan atau menurunkan skala tenaga kerja berdasarkan kebutuhan bisnis tanpa perlu repot merekrut dan memberhentikan karyawan tetap.

Pekerja lepas juga cenderung termotivasi untuk memberikan pekerjaan berkualitas tepat waktu, karena reputasi dan prospek pekerjaan mereka di masa depan bergantung pada kualitas pekerjaannya. Dorongan ini sering kali menghasilkan produktivitas dan inovasi yang lebih tinggi, karena keduanya memberikan perspektif baru dan keterampilan khusus pada setiap proyek.

3. Mengoptimalkan pajak

Saat merambah dunia bisnis online pada 2024, penting untuk memahami pentingnya optimalisasi pajak. Ini bukan tentang menghindari pajak tetapi tentang membuat keputusan yang tepat tentang di mana mendaftarkan perusahaan Anda untuk mendapatkan perlakuan pajak yang paling menguntungkan.  

Setiap pengusaha harus membayar bagiannya secara adil, namun bijaksana untuk mencari jalur hukum yang dapat meningkatkan kesehatan keuangan bisnis yang dijalankan. 

Negara-negara seperti Siprus dan Bulgaria terkenal dengan rezim pajaknya yang menguntungkan. Dengan tarif pajak penghasilan perusahaan dan swasta yang rendah, hal ini memberikan pilihan yang menarik untuk pendaftaran usaha.  

Yurisdiksi pajak rendah seperti ini dapat mengurangi beban pajak secara signifikan, sehingga memberikan lebih banyak modal untuk pertumbuhan dan pengembangan bisnis.

Negara lainnya, seperti Estonia juga menawarkan pendekatan unik terhadap perpajakan pendapatan perusahaan. Di sini, menghasilkan keuntungan tidak secara otomatis memicu kewajiban pajak penghasilan. Pajak hanya terutang ketika keuntungan dibagikan kepada pemegang saham. Model ini memberikan fleksibilitas dan mendorong investasi kembali keuntungan ke dalam bisnis.

Program residensi elektronik di Estonia merupakan terobosan baru, terutama bagi wirausahawan digital.  Dengan populasi hanya 1,3 juta jiwa, Estonia memiliki lebih dari 109.000 penduduk elektronik.  

Program ini memungkinkan pengusaha di seluruh dunia untuk dengan mudah mendirikan dan mengelola perusahaan Estonia secara online. Hal ini merupakan bukti bagaimana inovasi digital dapat memfasilitasi operasi bisnis global.

4. Lebih hemat alat dan perangkat lunak

Alat yang tepat dapat menjadi tulang punggung operasi bisnis Anda. Namun, biaya berlangganan dapat bertambah dengan cepat, sehingga menimbulkan pengeluaran bulanan yang signifikan.  

Sebagai seorang wirausaha baru di 2024, sangat penting untuk menavigasi lanskap ini dengan cerdas untuk memastikan Anda tidak hanya dilengkapi dengan alat terbaik namun juga dapat mengelola keuangan secara efisien.

Banyak alat penting yang menawarkan versi gratis yang, meskipun terbatas, bisa sangat berguna untuk startup atau usaha kecil. Pendekatan ini memungkinkan Anda mengakses fungsi-fungsi penting tanpa beban finansial untuk berlangganan.

Kesepakatan seumur hidup juga bisa jadi "tambang emas" bagi pengusaha yang sadar biaya. Membayar biaya satu kali untuk akses terus-menerus ke suatu alat dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang.  

Jika suatu alat begitu penting untuk proyek tertentu atau untuk jangka waktu singkat, pertimbangkan untuk berlangganan hanya selama durasi yang diperlukan. Pendekatan ini sangat berguna untuk alat berbiaya tinggi yang tidak diperlukan sepanjang tahun.  

Gunakan alat-alat tersebut selama satu atau dua bulan, selesaikan pekerjaan, lalu batalkan langganan. Dengan cara ini, para pebisnis hanya membayar sesuai kebutuhan dan bisa lebih berhemat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper