Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kekayaan Melesat US$51 Miliar, Mark Zuckerberg Siap-siap Jadi Orang Terkaya di Dunia

Mark Zuckerberg berpotensi kadi orang terkaya di dunia melampaui Elon Musk dan Jeff Bezos dengan lonjakan kekayaan sampai US$51 miliar
Mark Zuckerberg/instagram
Mark Zuckerberg/instagram

Bisnis.com, JAKARTA — Kekayaan Mark Zuckerberg telah meroket naik ke jajaran orang terkaya di dunia. Lonjakan tersebut berpotensi membawanya menduduki posisi teratas untuk pertama kalinya.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, CEO Meta Platforms, perusahaan induk Facebook, Instagram, Threads, dan WhatsApp, telah meningkatkan kekayaan bersihnya sebesar US$51 miliar tahun ini hingga mencapai US$179 miliar.

Zuckerberg berada di posisi keempat, di belakang Elon Musk dari Tesla dengan kekayaan US$248 miliar, Jeff Bezos dari Amazon dengan kekayaan US$202 miliar, dan Larry Ellison dengan kekayaan US$197 miliar. 

Sang maestro media sosial itu mengawali tahun di posisi keenam, tetapi baru minggu lalu dia sempat berada di posisi ketiga, di atas taipan barang mewah Bernard Arnault. 

Dia juga sempat tertinggal jauh dari Musk dan Bezos, tetapi dia dapat dengan cepat mempersempit kesenjangan tersebut karena kekayaan perusahaan teknologi terkenal tidak stabil. 

Musk hanya memiliki kekayaan US$164 miliar pada April, sementara kekayaan Bezos sedikit lebih rendah pada awal Januari dibandingkan kekayaan Zuckerberg saat ini. Beberapa hari yang buruk bagi saham Tesla dan Amazon, dan beberapa hari yang baik bagi Meta, akan memungkinkan Zuckerberg untuk merebut posisi teratas.

Memang benar bahwa Meta, Tesla, dan Amazon diperdagangkan dengan cara yang sama karena ketiganya adalah saham teknologi AS berkapitalisasi besar, yang berarti kekayaan Zuckerberg, Musk, dan Bezos cenderung naik dan turun secara bersamaan. 

Namun, laporan pendapatan yang buruk, adanya gugatan tiba-tiba, investigasi antimonopoli, atau bencana apa pun dapat menjatuhkan Musk dan Bezos di bawah Zuckerberg.

Zuckerberg juga bisa mencapai puncak jika Musk dan Bezos memberikan sumbangan filantropis yang besar. Lagi pula, satu-satunya alasan Warren Buffett bukan orang terkaya di planet ini dengan kekayaan bersih lebih dari US$300 miliar adalah karena dia telah menyumbangkan lebih dari setengah saham Berkshire Hathaway miliknya.

Pendiri Meta tersebut telah melampaui Musk dan Bezos dalam akumulasi kekayaan tahun ini, membuatnya berada di jalur yang tepat untuk menyalip mereka. Keuntungannya sebesar US$51 miliar tahun ini jauh melampaui peningkatan masing-masing orang terkaya dunia sebesar US$19 miliar dan US$25 miliar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper