Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunci Bisnis Berjalan Otomatis: Buat Struktur Organisasi

Founder Pala Nusantara, Ilham Pinastiko membagikan poin penting dalam membangun bisnis
Tips bisnis strategi/istimewa
Tips bisnis strategi/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika membangun sebuah bisnis, pasti ada impian bahwa bisnis yang dikembangkan bisa besar dan sukses, hingga bisa berjalan sendiri tanpa perlu harus dipantau langsung setiap hari. 

Tak perlu menunggu besar, sebuah bisnis kecil pun harus melakukan hal-hal kunci ini dan memiliki visi untuk menjadi bisnis yang besar dan sukses. 

Chief Creative Officer Pala Nusantara, yang juga merupakan Founder merek jam tangan asli Indonesia, Ilham Pinastiko membagikan salah sati kuncinya membangun bisnis dari hanya dilakukan sendiri, menjadi bertiga, dan menjadi punya puluhan karyawan dan memiliki kantor sendiri. 

Menurutnya, selain punya visi dan misi menjadi besar, salah satu hal fundamental dalam bisnis adalah membentuk struktur organisasi perusahaan. 

"Di Pala Nusantara, saya sudah di CCO atau Chief Creative Officer, di atas saya ada CEO sudah saya merekrut profesional, dan tiga partner yang juga jadi founder sekarang di posisi CFO, dan COO," ungkapnya.  

Menurutnya, membangun struktur operasional perusahaann adalah hal fundamental jika ingin perusahaan yang dibangun bisa berdiri sendiri, dan pemilik tidka perlu melakukan semua pekerjaan sendiri. 

"Kalau kalian mau bikin perusahaan, kalau tidak punya ini [struktur operasional], mau sampai kapan kalian mau jadi Chief Everything Officer. Karena banyak UKM nggak punya ini dan belum terpikirkan ini," ujarnya.

Karena untuk membentuk bisnis besar, kata Ilham, harus memastikan bisnis terus berjalan. Sementara, jika semua dilakukan sendiri, kita tidak pernah tahu kapan sakit atau datang musibah.

"Pasti semua tema-teman di UKM ingin otomatisasi, mau kan nanti lagi liburan ke mana, perusahaannya tetap jalan? Nah, salah satu fondasi yang harus paling dipikirkan adalah struktur organisasi," imbuhnya. 

Ilham mengisahkan, mengawali bisnisnya hanya bertiga pada 2015. Dia mengerjakan semuanya dari membuat produk, menjadi admin, menerima dan mengemas pesanan, sampai pergi ke logistik dan kirim pesanan. 

Sampai akhirnya satu tahun berjalan dan bisnisnya semakin dikenal, harus ada orang lain yang ditugaskan untuk mengerjakan itu semua. 

"Alhamdulillah karena saya udah bikin struktur ini dari awal, sekarang udah ada 65 orang yang kerja di Pala Nusantara. Jadi memang proses tidak pernah mengkhianati hasil," tuturnya. 

Dia menambahkan, jika semua proses membangun bisnis dijalani dengan benar, hasilnya pasti akan mengikuti. Pastikan prosesnya sudah benar, dan struktur organisasi harus mulai diciptakan di perusahaan yang baru dirintis sekalipun. 

Kini, merek Pala Nusantara sudah semakin besar bahkan masuk ke kancah Global. Menjadi salah satu souvenir di ajang KTT G20, jam tangan buatannya bahkan pernah digunakan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper