Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 11 Tips Memulai dan Membangun Bisnis

Sebelum memulai bisnis, maka Anda bisa menentukan konsep dan menentukan arah bisnis yang akan dikembangkan.
Cara agar dagangan laris terus /iStockphoto
Cara agar dagangan laris terus /iStockphoto

Bisnis.com, JAKARTA - Memulai bisnis merupakan salah satu pengalaman menarik dan bermanfaat bagi semua orang. Pengusaha wajib mengetahui panduan khusus supaya bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik.

Sebelum Anda memulai bisnis, pastikan pola pikir Anda berada dijalan yang benar. Utamakan fokus pada perjalanan bisnis Anda dan jangan pernah menyamaratakan antara kesuksesan Anda dengan orang lain.

Dilansir dari Forbes Advisor, ada 11 ide untuk memulai bisnis pada tahun 2024. Caranya adalah:

1. Menentukan konsep bisnis

Anda bisa menentukan konsep dan menentukan arah bisnis yang akan dikembangkan. Konsep ini dapat ditentukan dengan cara menyesuaikan suatu hal berdasarkan kesukaan, hal apa yang dikuasai, hal apa yang tidak disukai, dan berbagai peluang yang dapat Anda kembangkan.

2. Menentukan skala bisnis 

Menentukan skala bisnis merupakan satu hal yang harus dilakukan untuk melihat dan mempertibangkan kemajuan bisnis yang dikelola. Biasanya menentukan skala bisnis dapat dilakukan dengan cara berkolaborasi dengan pihak lain, maupun memproduksi barang baru.

3. Memasarkan bisnis 

Kegiatan memasarkan bisnis sangat diperlukan untuk mengembangkan dan memajukan nama perusahaan. Biasanya, memasarkan bisnis dapat dilakukan dengan cara yang beraneka ragam seperti pemanfaatan media sosial, membuat iklan promosi, membuat konten yang menarik terkait produk, hingga membuat situs tertentu yang langsung terhubung dengan konsumen.

4. Menentukan target pasar dan kompetitor

Dalam setiap bisnis pastinya memiliki banyak kompetitor di dalamnya. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis yang Anda memiliki nilai yang sama dengan kompetitor tersebut. Hal yang harus Anda perhatikan dalam hal ini adalah fokus terhadap pengembangan produk, dan memasarkan produk sesuai dengan target pasar yang dituju.

Pastikan Anda sudah menentukan target pasar dengan baik, supaya produk yang anda kembangkan dalam bisnis memiliki keunikan dan fungsi tersendiri. Anda juga harus memahami konsep analisis SWOT demi memajukan nama bisnis yang dikelola.

5. Membuat perencanaan bisnis

Perencanaan bisnis sangat diperlukan supaya bisnis Anda tetap berada pada jalan yang benar dan sesuai dengan aturan yang telah dibuat. Dalam hal ini, Anda dapat menentukan beberapa hal seperti menentukan target pasar, membuat visi misi, membuat struktur organisasi, marketing, dan sebagainya.

6. Membuat struktur bisnis 

Membuat struktur bisnis yang dimaksud adalah dengan menentukan jabatan dan tanggung jawab tugas masing-masing dalam perusahan. Hal ini juga berlaku apabila Anda ingin memulai bisnis. Karena struktur ini nantinya akan menjadi penopang utama dalam keberhasilan bisnis yang dijalani.

7. Mendaftarkan nama bisnis supaya mendapat lisensi

Ketika Anda mendaftarkan nama bisnis yang Anda kelola, beberapa keuntungan akan diperoleh dengan adanya hal tersebut. Karena nama bisnis Anda akan memiliki hak cipta tersendiri untuk memberikan klaim terhadap produk yang dihasilkan.

8. Siap mendanai bisnis yang dikelola

Mendanai dan pendanaan menjadi hal utama yang diperlukan dalam membangun bisnis. Anda harus siap melakukan pendanaan untuk memfasilitasi seluruh kebutuhan untuk memajukan nama bisnis yang dikelola.

9. Mendaftarkan asuransi bisnis

Asuransi bisnis memiliki banyak manfaat bagi perusahaan maupun karyawan yang terlibat di dalamnya. Manfaat ini mampu menjadi penopang yang baik sekaligus bentuk perhatian dari perusahaan terhadap para karyawannya.

10. Membuka rekening di bank khusus bisnis 

Membuka rekening khusus bagi pengelolaan bisnis sangat diperlukan. Supaya uang pendapatan dan pengeluaran dapat dikelola dengan baik sesuai dengan fungsinya.

11. Menyediakan alat bisnis yang tepat

Saat Anda berani untuk memulai bisnis, maka Anda harus menyediakan alat yang tepat dalam menunjang bisnis yang dikelola. Alat yang dimaksud berupa accounting software, virtual private network, dan POS atau point of sale yang mempermudah pembayaran oleh pelanggan.

Namun, selain 11 tips ide bisnis untuk memulai bisnis di atas, sebaiknya Anda juga memperhatikan 3 hal yang harus diketahui saat memulai bisnis, yaitu:

1. Mengoptimalkan pajak

Mengoptimalkan pajak adalah situasi dimana Anda akan memiliki keuntungan dalam mengoptimalkan jumlah pajak terhadap bisnis yang dikelola. Maksudnya adalah, ketika Anda mendaftarkan bisnis yang dikelola kepada lembaga pajak, maka Anda memiliki keuntungan yang sama yaitu jumlah pajak yang dibayar akan setimpal dengan jumlah kekayaan yang telah didaftarkan.

2. Berani mempekerjakan karyawan freelancer 

Maksud dari hal ini adalah, perusahaan harus lebih berani menerima pekerja lepas atau freelancer yang mampu bekerja secara WFH.

Hal ini memiliki keuntungan bagi perusahaan karena akan meminimalisir budget yang ada, dan hasil yang diperoleh dari pekerja lepas tersebut juga setimpal dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan. Rata-rata orang yang bekerja sebagai pekerja lepas atau freelancer ini akan mendapatkan gaji yang setimpal dengan tugas yang dikerjakan.

3. Jangan terpaku terhadap informasi Google

Hal yang harus Anda ketahui ketika Anda akan memulai bisnis adalah dengan tidak percaya sepenuhnya pada informasi Google. Karena informasi yang terdapat dalam google hanya berisi pengalaman dari orang lain dan belum bisa dipastikan nilai kebenarannya. Jadi, hal yang harus Anda lakukan adalah dengan rutin membaca dan melakukan riset yang tepat untuk kemajuan bisnis Anda. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper