Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Taipan Dunia Terdepak dari Daftar Pemilik Kekayaan US$100 Miliar

Daftar pemilik kekayaan US$100 miliar dunia mencoret tiga nama taipan
CEO Nvidia Jensen Huang menghadiri acara di forum COMPUTEX di Taipei, Taiwan 4 Juni 2024. REUTERS/Ann Wang
CEO Nvidia Jensen Huang menghadiri acara di forum COMPUTEX di Taipei, Taiwan 4 Juni 2024. REUTERS/Ann Wang

Bisnis.com, JAKARTA - Klub eksklusif para taipan dengan kekayaan bernilai US$100 miliar menjadi sedikit lebih kecil karena kemunduran pasar saham.

Kini hanya ada 12 orang yang termasuk dalam kelompok 12 digit kekayaan bersih, setelah tiga orang terdepak dari daftar tersebut.

Menurut Bloomberg Billionaires Index. Meskipun mereka masih termasuk orang terkaya di dunia, kekayaan pengusaha teknologi Jensen Huang dari Nvidia dan pendiri Dell Michael Dell serta orang terkaya kedua di India, Gautam Adani, tidak mencapai angka US$100 miliar.

Dilansir dari Fortune, pergeseran orang-orang super kaya ini terjadi ketika bulan September memberikan dampak buruk tahunan pada saham-saham.

Pekan lalu, semua indeks utama mengakhiri minggu ini dengan lebih rendah, dengan S&P 500 turun 4,2% untuk minggu ini.

Ketidakpastian mengenai pemilu AS dan angka pengangguran mengancam akan mendorong harga saham melemah hingga bulan depan.

Nvidia mengalami penurunan sebesar 14% pada minggu lalu dan mencatat penurunan terbesar dalam satu hari dalam sejarah bagi sebuah perusahaan Amerika.

Dengan kepemilikan lebih dari 3,5% di perusahaan, kekayaan bersih Huang anjlok menjadi $90,5 miliar dari $105 miliar, menurut Bloomberg.

Kekayaan bersih Dell turun sekitar $10 miliar menjadi US$96,3 miliar pada minggu lalu, menurut Bloomberg, karena sahamnya anjlok pada hari Jumat di tengah pelemahan di sektor teknologi.

Pada hari Senin, saham Dell melonjak sekitar 3% di tengah berita bahwa Dell, bersama dengan perusahaan analisis data Palantir, akan bergabung dengan S&P 500.

Terakhir, Adani berada di posisi terdepan dalam kelompok elit raja super kaya dengan kekayaan sebesar $99,6 miliar pada hari Minggu setelah indeks Nifty 50 dari perusahaan-perusahaan India terbesar di India mencatat penurunan tiga hari berturut-turut. Indeks naik kurang dari 1% pada penutupan hari Senin.

Pada bulan Mei, klub senilai US$100 miliar ini bertambah menjadi 15 anggota, jumlah tertinggi dalam sejarah, berkat keuntungan pasar saham. Di antara anggota yang paling dikenal adalah CEO Tesla Elon Musk, pendiri Amazon Jeff Bezos, dan CEO Meta Mark Zuckerberg.

Di antara orang-orang yang sangat kaya, pengusaha teknologi seperti Zuckerberg dan Huang merupakan salah satu perusahaan dengan perolehan pendapatan terbesar sepanjang tahun ini.

Kekayaan bersih Zuckerberg yang berusia 40 tahun melonjak sebesar $50 miliar sepanjang tahun ini, diikuti oleh kekayaan pribadi Huang, yang melonjak sebesar $46 miliar karena saham Nvidia meroket di tengah booming AI yang lebih luas.

Jika digabungkan, kekayaan 12 anggota klub senilai $100 miliar saat ini hanya di bawah $1,9 triliun, sedikit lebih besar dari kapitalisasi pasar Google.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper